PENGARUH SERVICE QUALITY, CUSTOMER SATISFACTION, TRUST TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA AGEN Brilink (STUDI KASUS PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO). Tbk. REGIONAL OFFICE MEDAN) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

FANDI FIRMANSYAH

Informasi Dasar

175 kali
23.05.338
658.812
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. merupakan salah satu Bank yang bertransformasi dan berinovasi menciptakan produk dan layanannya secara digital. Brilink adalah salah satu produk dan layanan inovasi dari BRI sebagai tindak lanjut dari program laku pandai dari OJK yang diharapkan akan menjadiperwakilan BRI dalam melayani masyarakat di seluruh pelosok secara digital melalui agen brilink. Dalam perjalanannya, masih terdapat beberapa hal yang

harus diperbaiki oleh agen Brilink dari sisi service quality, customer satisfaction, trust dan juga customer loyalty.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh service quality, customer satisfaction, trust terhadap customer loyalty. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mempelajari hal-hal apa saja yang perlu ditingkatkan agar pelayanan agen brilink bisa lebih baik lagi. Di dalam penelitian ini digunakan metode pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Jumlah sampel 400 responden dan pengumpulan data dengan cara menyebar kuesioner secara online menggunakan google form terhadap seluruh masyarakat yang bertransaksi di agen brilink di Sumatera Utara.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, (2) Service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust, (3) Service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty attitude; (4) Service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty behaviour ; (5) Customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust, (6) Customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty attitude, (7) Customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty behaviour, (8)Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty attitude,(9) Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty behaviour.

 

Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat baik secara teoritis maupun praktis dan memberikan kontribusi yang besar bagi BRI khususnya dalam memasarkan produk pada agen brilink, sehingga dapat dipahami dan digunakan oleh pelanggannya serta dapat meningkatkan kesejahteraan serta pertumbuhan perekonomian di Sumatera Utara. Saran bagi penelitian selanjutnya agar dapat menambahkan variabel penelitian, serta dapat meneliti agen brilink di seluruh Indonesia.

 

Kata Kunci: Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Trust dan Customer Loyalty

Subjek

CUSTOMER LOYALTY
SERVICE QUALITY,

Katalog

PENGARUH SERVICE QUALITY, CUSTOMER SATISFACTION, TRUST TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA AGEN Brilink (STUDI KASUS PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO). Tbk. REGIONAL OFFICE MEDAN) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FANDI FIRMANSYAH
Perorangan
Maria Apsari Sugiat, Irni Yunita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen PJJ
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini