ABSTRAK
Kemajuan teknologi digital menjadi salah satu yang memengaruhi perkenomian
Indonesia, hal tersebut dapat dikatakan demikian karena kemajuan teknologi
mempermudah segala bentuk aktivitas bisnis mulai dari proses produksi, pemasaran,
penjualan hingga proses transaksinya. Seiring dengan perkembangan teknologi
tersebut, saat ini masyarakat dapat melakukan transaksi non-tunai.
Cukup menggunakan perangkat mobile yang terkoneksi dengan internet,
maka proses transaksi pun dapat dilakukan dengan cepat, efektif dan efisien.
Terdapat enam aplikasi online grocery pada grafik di atas, salah satunya adalah
TaniHub. Walaupun menjadi salah satu aplikasi online grocery yang berada pada
peringkat teratas, tetapi TaniHub tidak terlepas dari ulasan negatif yang diutarakan
oleh penggunanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis gambaran
kualitas pelayanan, loyalitas pengguna, dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap
loyalitas pengguna pada pengguna Jasa TaniHub. Selain itu penulis mengharapkan
penelitian ini dapat dijadikan sebagai landasan dalam pengambilan keputusan
dan/atau dalam pemecahan masalah, yang berkaitan dengan kualitas pelayanan dan
loyalitas pengguna, yang dihadapi oleh penyedia Jasa TaniHub.
Teknik analisis data dalam penelitian ini, menggunakan analisis deskriptif,
Method of Successive Interval (MSI), uji asumsi klasik, analisis regresi linier
sederhana, uji hipotesis dan koefisien determinasi.
Kata kunci: e-grocery, tanihub, kualitas pelayanan dan loyalitas pengguna