Analysis of The Impact of Customer Review and Influencer Endorsement on Purchase Intention: A Case Study of Somethinc Product - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ENDAH DWI LESTARI

Informasi Dasar

202 kali
23.04.7682
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi yang pesat telah mengubah perilaku konsumen dan memberikan dampak yang signifikan terhadap kegiatan ekonomi dan bisnis. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya orang yang bergantung pada saluran online seperti e-commerce untuk mencari dan membeli barang yang dibutuhkan karena dianggap lebih mudah dan efektif. Salah satu kebutuhan masyarakat Indonesia terutama pada wanita saat ini yaitu skincare dan makeup. Somethinc adalah salah satu brand skincare dan makeup Indonesia yang paling laris di e-commerce, namun masih berada diurutan bawah pada kategori brand makeup lokal terlaris dengan market share sebesar 4.31%.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana e-WOM, yang terdiri dari ulasan pelanggan dan dukungan influencer terhadap keinginan pembelian untuk produk Somethinc, berdasarkan Trust sebagai variabel moderasi, berdampak.

Metode penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Model analisis struktural SEM digunakan. Pada penelitian ini, sampel non-probability diambil dari 385 orang yang menjawab. Metode pengumpulan data adalah kuesioner online yang disebarkan melalui Google Forms. Software SMART PLS 3.0 akan digunakan untuk mengolah penelitian ini.

Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa ulasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli produk Somethinc, endorsement influencer memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli produk Somethinc, dan kepercayaan tidak memoderasi hubungan antara ulasan pelanggan dan niat membeli produk Somethinc.

Adapun saran yang dapat penulis berikan untuk perusahaan, yaitu untuk dapat memberikan lebih banyak informasi mengenai produk Somethinc kepada influencer endorsement dan untuk lebih meningkatkan kualitas produk sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan yang nantinya akan memberikan ulasan yang positif. Kepercayaan harus dibangun oleh perusahaan kepada pelanggan, dimana hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan diri pelanggan dalam menentukan produk yang akan dibeli.  Selain itu untuk penelitian selanjutnya untuk dapat meneliti objek lain di bidang industri yang sama agar dapat memperluas penelitian

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
CUSTOMER RELATION MANAGEMENT,

Katalog

Analysis of The Impact of Customer Review and Influencer Endorsement on Purchase Intention: A Case Study of Somethinc Product - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Inggris

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ENDAH DWI LESTARI
Perorangan
Adhi Prasetio
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 International ICT Business
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • BM62G3 - CONSUMER BEHAVIOR
  • BM62B4 - MARKETING MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini