RANCANG BANGUN ALAT SISTEM PENDETEKSI DAN PENGUSIR HAMA BURUNG PIPIT OTOMATIS PADA SAWAH - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMAD IQBAL AL QUSHOYYI

Informasi Dasar

23.04.7719
003
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Burung pipit merupakan salah satu musuh petani yang sering menyebabkan gagal panen padi. Hama ini menyerang secara berkelompok yang berjumlah puluhan hingga ribuan individu. Serangan hama burung pipit bisa membuat  butiran padi menjadi mengering, berlubang dan  rontok. Penangangan hama ini biasanya dilakukan secara mekanis, menggunakan alat yang mampu mengusir burung pipit, tapi membutuhkan waktu dan kesabaran di lapangan. Oleh karena itu, tugas akhir ini bertujuan untuk rancang bangun alat pendeteksi dan pengusir hama burung pipit otomatis di sawah.

Perancangan ini bertujuan untuk memantau dan membantu petani dalam meminimalisir penyerangan hama burung pipit pada lahan pesawahan, dengan memanfaatkan sensor gerak yang dapat mendeteksi keberadaan hama burung tersebut. Rancangan alat ini menggunakan Mikrokontroler, Microwave Radar Sensor, Motor Servo dan Modul GSM. Sistem dapat mengirimkan notifikasi pergerakan burung pipit pada padi yang berupa Short Message Service (SMS).

Peracangan ini dapat mendeteksi dan mengusir hama burung pipit pada area pesawahan dengan radius 7 meter dan akan mengirimkan notifikasi keberadaan burung pipit berupa SMS kepada pengguna.

 

Kata Kunci: Hama burung pipit, Tanaman Padi, pergerakan, Microwave Radar Sensor Short Message Service

Subjek

TUGAS AKHIR
 

Katalog

RANCANG BANGUN ALAT SISTEM PENDETEKSI DAN PENGUSIR HAMA BURUNG PIPIT OTOMATIS PADA SAWAH - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD IQBAL AL QUSHOYYI
Perorangan
Wahmisari Priharti, Agung Surya Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini