Pemanfaatan Daun Kelor Pada Pembuatan Pesto Saus ( Studi Kasus Pada Pasta Penne / Fetuchini ) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

DEBILA FITRIA EFENDI

Informasi Dasar

23.06.1094
910.46
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pesto adalah saus tradidisonal talia yang umumnya terbuat dari daun basil, Minyak zaitun, Kacang pinus, Keju permesan, Bawang putih, dan Garam. Namun, Dalam penelitian ini, kami menggantikan Daun  Basil dengan Daun  Kelor untuk menghasilkan Pesto Saus yang lebih sehat dan bergizi. 

Daun kelor dipilih karena kaya akan nutrisi dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Daun Kelor mengandung senyawa bio aktif seperti Polifenol, Plavonoid, dan Fitokimia lainya yang memiliki sifat antioksidan dan antiin flamasi. Pemanfaatan daun kelor dalam pesto saus dapat menigkatkan kandungan nutrisi dan memberikan manfaat kesehatan tambahan. 

Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dan metode rancangan acak lengkap dengan dua siklus subtitusi tepung daun kelor. Hasil penelitian tersebut akan di uji coba kepada 48 orang untuk mengetahui daya terima konsumen. 

Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi ini mendapatkan tanggapan positif dari reponden. Berdasarkan analisi hasil penelitian yang mencakup penampilan fisik, warna, rasa, tekstur, dan aroma dapat disimpulkan bahwa mayoristas responden cenderung 'Setuju' terhadap pemanfaatkan daun kelor dalam pembuatan pesto saus. Selain itu, Pesto saus yang mengandung daun  kelor juga memiliki kandungan nujtrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan pesto saus tradisional yang menggunakan daun basil. Daun kelor memberikan tambahan serat, vitamin, mineral, dan senyawa bio afktif lainya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Subjek

HOTEL INDUSTRY
 

Katalog

Pemanfaatan Daun Kelor Pada Pembuatan Pesto Saus ( Studi Kasus Pada Pasta Penne / Fetuchini ) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEBILA FITRIA EFENDI
Perorangan
Ratna Gema Maulida, Umi Sumarsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Perhotelan
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini