Perkembangan teknologi selalu diikuti dengan kebutuhan akan mobilitas yang tinggi. Penunjang
mobilitas dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah kehadiran internet. Olehkarena itu
sudah menjadi hal yang wajar bila sekarang bermunculan platform-platform baru yang dapat
membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi dengan mudah. Salah satu penunjang
sebuah platform adalah User Interface (UI) dan User experience (UX). Tujuan daripenelitian ini
untuk merancang desain UI/UX untuk media promosi usaha mikro kecil menengah (UMKM)
pada Rumah BUMN Tabanan sehingga diharapkan nantinya dengan adanya rancangan tersebut
dapat membantu pihak programer atau developer untuk membuat website yang dibutuhkan oleh
Rumah BUMN Tabanan yang berguna untuk pengelolaan informasi dan data yang terdapat pada
Rumah BUMN Tabanan, UMKM dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas, meningkatkkan
sistem promosi yang lebih efektif dan efesien serta memperluas penjulan produk dengan melalui
media promosi website tersebut. Penelitian ini menggunakan metode UCD (User Centered
Design) yaitu dimulai dengan menentukan objek penggunanya, wawancara dengan pengguna,
permintaan desain pengguna. Berdasarkan hasil dari penelitian ini telah diuji dengan
menggunakan metode System Usability Scale (SUS), dengan hasil skor rata-rata SUS mencapai
angka 93, dengan hasil tersebut maka rancangan desain telah sesuai dengan permintaan desain
user interface dan user experience untuk media promosi UMKM pada Rumah BUMN Tabanan.
Kata Kunci: User Interface, User Experience, UMKM, User Centerd Design, System
Usability Scale