E-Learning merupakan sebuah sistem informasi pembelajaran bagi mahasiswa dan dosen. Saat ini tak
sedikit permasalahan yang terjadi dalam layanan operasional pada E-Learning IT Telkom Surabaya.
Beberapa permasalahannya antara lain ketika login terkadang muncul pop up jika sudah pernah login
padahal pengguna tidak sedang login, lalu beberapa mahasiswa tidak mengetahui adanya jalur
komunikasi antara mahasiswa ke pengelola (PUTI) jika terjadi permasalahan pada E-Learning. Maka
dari itu keluaran dari penelitian ini mengimplementasikan Information Technolgy Infrastructure
Library (ITIL) V3 dengan domain service operation untuk pengelolaan layanan operasional E-Learning
dalam bentuk rekomendasi perbaikan pada layanan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian didapatkan subdomain event management, incident
management, request fulfillment, dan problem management kurang dari 50% dari kencenderungan
jawaban responden terhadap layanan operasional E-Learning. Oleh karena itu diperlukan saran
perbaikan dan hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi perbaikan berdasarkan pada hasil analisis
dan domain service operation ITIL V3