Institut Teknologi Telkom Surabaya memiliki banyak fasilitas dan bangunan yang mendukung
kehidupan kampus. Penting untuk memberikan informasi lokasi fasilitas dan bangunan tersebut bagi
mahasiswa, dan teknologi virtual reality (VR) menyediakan solusi yang inovatif dan interaktif. Dalam
penelitian ini, penulis merancang dan mengimplementasikan dunia maya berbasis 3D VR untuk
mensimulasikan lingkungan kampus Institut Teknologi Telkom Surabaya. Dengan menggabungkan
teknologi VR dengan pemodelan 3D, aplikasi ini menawarkan informasi yang menarik secara visual
dan detail mengenai berbagai fasilitas dan bangunan di kampus. Aplikasi ini menjalani pengujian black
box secara menyeluruh menggunakan teknik equivalence partitioning untuk memastikan fungsionalitas
setiap komponen sistem. Berdasarkan hasilnya, hampir seluruh test case berhasil dieksekusi, hal ini
membuktikan bahwa aplikasi telah memenuhi kebutuhan pengguna. Aplikasi ini menawarkan fitur
seperti kontrol gerakan, aksesibilitas fasilitas kampus, dan antarmuka pengguna yang mudah
digunakan. Representasi virtual kampus ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan virtual dan
berguna sebagai alat pengenalan kampus bagi mahasiswa baru.
TA/FTIB.08.2023/27 ANG d