Di era yang modern sekarang ini game bukan hanya sekedar permainan biasa, namun
game juga dapat digunakan sebagai sarana edukasi. Game edukasi membuat kegiatan
pembelajaran menjadi lebih berkesan bagi para peserta didik dikarenakan kegiatan belajar
menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Selama ini kegiatan pembelajaran alfabet untuk
anak – anak pada usia Kelompok Bermain (KB) / Taman Kanak – Kanak (TK) masih
menggunakan media pembelajaran seperti buku, kartu, maupun video. Dengan menggunakan
media – media tersebut kegiatan pembelajaran menjadi terasa kurang menarik dan kurang
mengajak interaksi atau minat para peserta didik, khususnya pada saat kegiatan pembelajaran
alfabet yang merupakan tahap pembelajaran awal atau dasar bagi para peserta didik.
Oleh karena itu penulis mengusulkan untuk membangun sebuah media pembelajaran
berupa aplikasi game interaktif pembelajaran alfabet berbasis Markerless Augmented Reality.
Augmented Reality (AR) sendiri merupakan teknologi yang menggabungkan objek maya 2
dimensi ataupun 3 dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata dalam waktu yang bersamaan.
Pada penelitian digunakan Unity Game Engine untuk mengembangkan aplikasi game edukasi
alfabet berbasis Markerless Augmented Reality dan juga metode Throwaway Prototype. Hasil
dari penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran berupa game edukasi pembelajaran
alfabet yang berbasiskan markerless augmented reality, media pembelajaran ini dijalankan
menggunakan smartphone android. Hasil pengujian pengguna dengan menggunakan metode
GUESS-18 memperoleh nilai 42.3 pada GUESS Overall Score dengan predikat sangat baik
dengan perolehan GUESS Subscales score tertinggi 5,525 pada aspek visual aesthetics dan 5,15
pada aspek audio aesthetics.
Kata Kunci: Game edukasi, Markerless Augmented Reality, Alfabet, Throwaway Prototype.