GAME PENGENALAN BENDA DALAM BAHASA INGGRIS DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS KECERDASAN BUATAN

ANWAR IBRAHIM

Informasi Dasar

122 kali
ITTS.0823000019
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bahasa Inggris adalah salah satu Bahasa internasional yang perlu dikuasi oleh seluruh masyarakat dunia. Oleh sebab itu untuk meningkatkan penguasaan Bahasa Inggris maka perlu diajarkan sejak dini untuk bisa berbahasa inggris sehingga pada anak-anak usia dini atau sekolah dasar jadi terbiasa dan dengan mudah memahami dalam belajar Bahasa Inggris. Kegiatan saat pembelajaran Bahasa inggris di kelas masih menggunakan media belajar dengan buku cetak atau video yang cenderung membosankan dan kurang interaktif untuk anak-anak sekolah dasar. Sehingga objek pembelajaran dapat diproyeksikan secara nyata dan melibatkan interaksi pada pelajar dengan teknologi Augmented Reality. Anak-anak jaman sekarang lebih cenderung suka bermain game daripada sekedar melihat video pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini melakukan pendekatan dengan mengembangkan sebuah Game sebagai metode pembelajaran interaktif dengan menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis Kecerdasan Buatan. Game ini bekerja dengan cara mengarahkan kamera ke suatu benda. Kemudian dengan memanfaatkan salah satu metode berbasis Kecerdasan Buatan maka akan mendeteksi objek tersebut lalu Augmented Reality akan menampilkan secara visual objek 3D dan nama benda itu dalam Bahasa Inggris. Game ini dibangun dengan menggunakan Unity 3D untuk animasi, Opencv sebagai library untuk Kecerdasan Buatan dan ARCore untuk menjalankan game di platform Android. Dengan Game Pengenalan Benda dalam Bahasa Inggris ini diharapkan dapat membantu anak-anak sekolah dasar sebagai sebuah media pembelajaran baru yang menarik dan interaktif untuk mendukung pendidikan Bahasa Inggris.

Kata Kunci: Augmented Reality, Kecerdasan Buatan, Game, Bahasa Inggris, Sekolah Dasar

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
TA

Katalog

GAME PENGENALAN BENDA DALAM BAHASA INGGRIS DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS KECERDASAN BUATAN
TA/FTIB.07.2023/28 IBR g
94p
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

ANWAR IBRAHIM
Perorangan
 
 

Penerbit

ITTS
Surabaya
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini