DESAIN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN JASA REPARASI BERBASIS WEB (STUDI KASUS TOKO GADGET LIGHT SERVICE)

RIZAL IRFANSYAH PUTRA

Informasi Dasar

103 kali
ITTS.0823000029
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan gadget Light Service adalah Toko yang menyediakan jasa service gadget meliputi Android, iPhone, Macbook, Laptop, penjualan komponen gadget dan lain – lain. Proses bisnis yang ada di Toko Light Service saat ini dimulai ketika pelanggan konsultasi mengenai gadget yang akan diperbaiki. Kemudian menyerahkan gadget-nya untuk direparasi. Selanjutnya saat dalam proses perbaikan pelanggan datang langsung ke toko untuk menanyakan perkembangan gadget yang sedang diperbaiki. Setelah gadget selesai diperbaiki, admin akan menginformasikan kepada pelanggan, kemudian pelanggan melakukan pembayaran. Dari proses bisnis tersebut terdapat beberapa permasalahan, yaitu cara pengelolaan pesanan pelanggan yang masih konvensional, pelanggan tidak dapat memantau proses status perbaikan gadget, dan proses pencatatan keuangan masih dilakukan secara konvensional. Solusi yang diberikan untuk mengatasi permasalahan diatas adalah sistem informasi manajemen jasa reparasi gadget menggunakan metode Scrum. Sistem dapat mengelola pesanan jasa reparasi, memudahkan pelanggan melakukan monitoring status perbaikan gadget, dan pencatatan keuangan untuk memudahkan pemilik usaha mengetahui perkembangan pada usahanya. Penulis memilih metode scrum dikarenakan lebih fleksibel jika terdapat perubahan pada saat proses pengembangan aplikasi dan membangun aplikasi sesuai dengan keingingan pengguna karena mendapat feedback secara berkala. Hasil desain dan implementasi sistem diharapkan dapat menyelesaikan masalah terkait pengelolaan pesanan pelanggan, pelanggan dapat memantau proses perbaikan gadget, dan laporan keuangan yang tidak terstruktur pada Toko Light Service. Setelah dilakukannya pengujian aplikasi menggunakan User Experience Questionnaire menghasilkan nilai kualitas pragmatis sebesar 2.0875, nilai kualitas hedonis sebesar 1.7125, dan nilai keseluruhan sebesar 1.90 dapat disimpulkan bahwa aplikasi mudah digunakan.

Kata Kunci: Manajemen, Pelayanan, Sistem monitoring, Jasa reparasi gadget, Aplikasi web

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
TA

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN JASA REPARASI BERBASIS WEB (STUDI KASUS TOKO GADGET LIGHT SERVICE)
TA/FTIB.07.2023/34 PUT d
128p
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

RIZAL IRFANSYAH PUTRA
Perorangan
 
 

Penerbit

ITTS
Surabaya
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini