Perusahaan gadget Light Service adalah Toko yang menyediakan jasa service
gadget meliputi Android, iPhone, Macbook, Laptop, penjualan komponen gadget
dan lain – lain. Proses bisnis yang ada di Toko Light Service saat ini dimulai ketika
pelanggan konsultasi mengenai gadget yang akan diperbaiki. Kemudian
menyerahkan gadget-nya untuk direparasi. Selanjutnya saat dalam proses
perbaikan pelanggan datang langsung ke toko untuk menanyakan perkembangan
gadget yang sedang diperbaiki. Setelah gadget selesai diperbaiki, admin akan
menginformasikan kepada pelanggan, kemudian pelanggan melakukan
pembayaran. Dari proses bisnis tersebut terdapat beberapa permasalahan, yaitu cara
pengelolaan pesanan pelanggan yang masih konvensional, pelanggan tidak dapat
memantau proses status perbaikan gadget, dan proses pencatatan keuangan masih
dilakukan secara konvensional.
Solusi yang diberikan untuk mengatasi permasalahan diatas adalah sistem
informasi manajemen jasa reparasi gadget menggunakan metode Scrum. Sistem
dapat mengelola pesanan jasa reparasi, memudahkan pelanggan melakukan
monitoring status perbaikan gadget, dan pencatatan keuangan untuk memudahkan
pemilik usaha mengetahui perkembangan pada usahanya. Penulis memilih metode
scrum dikarenakan lebih fleksibel jika terdapat perubahan pada saat proses
pengembangan aplikasi dan membangun aplikasi sesuai dengan keingingan
pengguna karena mendapat feedback secara berkala. Hasil desain dan implementasi
sistem diharapkan dapat menyelesaikan masalah terkait pengelolaan pesanan
pelanggan, pelanggan dapat memantau proses perbaikan gadget, dan laporan
keuangan yang tidak terstruktur pada Toko Light Service. Setelah dilakukannya
pengujian aplikasi menggunakan User Experience Questionnaire menghasilkan
nilai kualitas pragmatis sebesar 2.0875, nilai kualitas hedonis sebesar 1.7125, dan
nilai keseluruhan sebesar 1.90 dapat disimpulkan bahwa aplikasi mudah digunakan.
Kata Kunci: Manajemen, Pelayanan, Sistem monitoring, Jasa reparasi gadget,
Aplikasi web