Perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang dengan seiring
waktu salah satunya pada bidang pariwisata. Dinas kebudayaan dan pariwisata
provinsi Jawa timur mempunyai website yang digunakan untuk dapat membantu
pelayanan pariwisata Jawa timur. Website Dinas Kebudayaan dan pariwisata Jawa
Timur banyak digunakan oleh masyarakat yang ingin mengetahui apa saja
pariwisata yang ada pada Jawa Timur, oleh karena itu dilakukan evaluasi
mengenai kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas
layanan website Dinas kebudayaan dan pariwisata menggunakan metode e-
Govqual dan HOT-fit. Permasalahan pada penelitian ini adalah pada bulan Januari
sebanyak 3,046 pengunjung mengujungi website Dinas budaya dan pariwisata
jawa timur, pada bulan februari sebanyak 1,740 pengunjung mengunjungi website
Dinas budaya dan pariwisata jawa timur, pada bulan Maret sebanyak 3,004, pada
bulan April sebanyak 2,273 dan pada bulai Mei sebanyak 3,466 pengunjung
mengunjungi website Dinas budaya dan pariwisata jawa timur. Pada bulan
Februari mengalami penurunan pengunjung website tersebut. Permasalahan yang
lainnya adalah informasi yang ada pada wesbsite dan instagram berbeda.
Informasi yang ada di instagram lebih update dibandingkan dengan informasi
yang ada di website. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan
menyebarkan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Metode E-Govqual
digunakan untuk mengukur kualitas layanan e-Goverment, sedangkan untuk
Metode HOT-fit digunakan untuk mengevaluasi kesesuaian dengan kebutuhan
pengguna. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 100 responden yang berasal dari
Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
kualitas layanan pada website Dinas Budaya dan Pariwisata Jawa timur tergolong
baik. Hasil dari metode e-Govqual menunjukkan nilai 80 dengan kategori Tinggi
dan untuk metode Human Organization Technology (HOT)-fit mendapatkan nilai
81 dengan kategori Tinggi. Setiap variabel menunjukan persentase yang masuk
dalam kategori tinggi.
Kata Kunci: Disbudpar jatim, e-Govqual dan HOT-fit, kualitas layanan