EVALUASI KUALITAS LAYANAN WEBSITE DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA PROVINSI JAWA TIMUR DENGAN METODE E-GOVQUAL DAN HUMAN ORGANIZATION TECHNOLOGY ( HOT ) FIT

DINDA RAHMAWATI

Informasi Dasar

174 kali
ITTS.0823000031
001
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang dengan seiring waktu salah satunya pada bidang pariwisata. Dinas kebudayaan dan pariwisata provinsi Jawa timur mempunyai website yang digunakan untuk dapat membantu pelayanan pariwisata Jawa timur. Website Dinas Kebudayaan dan pariwisata Jawa Timur banyak digunakan oleh masyarakat yang ingin mengetahui apa saja pariwisata yang ada pada Jawa Timur, oleh karena itu dilakukan evaluasi mengenai kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan website Dinas kebudayaan dan pariwisata menggunakan metode e- Govqual dan HOT-fit. Permasalahan pada penelitian ini adalah pada bulan Januari sebanyak 3,046 pengunjung mengujungi website Dinas budaya dan pariwisata jawa timur, pada bulan februari sebanyak 1,740 pengunjung mengunjungi website Dinas budaya dan pariwisata jawa timur, pada bulan Maret sebanyak 3,004, pada bulan April sebanyak 2,273 dan pada bulai Mei sebanyak 3,466 pengunjung mengunjungi website Dinas budaya dan pariwisata jawa timur. Pada bulan Februari mengalami penurunan pengunjung website tersebut. Permasalahan yang lainnya adalah informasi yang ada pada wesbsite dan instagram berbeda. Informasi yang ada di instagram lebih update dibandingkan dengan informasi yang ada di website. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Metode E-Govqual digunakan untuk mengukur kualitas layanan e-Goverment, sedangkan untuk Metode HOT-fit digunakan untuk mengevaluasi kesesuaian dengan kebutuhan pengguna. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 100 responden yang berasal dari Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan pada website Dinas Budaya dan Pariwisata Jawa timur tergolong baik. Hasil dari metode e-Govqual menunjukkan nilai 80 dengan kategori Tinggi dan untuk metode Human Organization Technology (HOT)-fit mendapatkan nilai 81 dengan kategori Tinggi. Setiap variabel menunjukan persentase yang masuk dalam kategori tinggi.

Kata Kunci: Disbudpar jatim, e-Govqual dan HOT-fit, kualitas layanan

Subjek

SISTEM INFORMASI
TA

Katalog

EVALUASI KUALITAS LAYANAN WEBSITE DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA PROVINSI JAWA TIMUR DENGAN METODE E-GOVQUAL DAN HUMAN ORGANIZATION TECHNOLOGY ( HOT ) FIT
TA/FTIB.08.2023/52 RAH e
134p
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

DINDA RAHMAWATI
Perorangan
Muhammad Nasrullah, S.Kom., M.Kom.., Sri Hidayati, S.Si., M.Stat
INDONESIA

Penerbit

TEL-U Surabaya
Surabaya
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini