Game Petualangan Sebagai Gamifikasi Latihan Soal Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality

FRENDA MAULANA

Informasi Dasar

112 kali
ITTS.0823000035
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengalaman belajar yang menyenangkan akan menumbuhkan keinginan untuk terus belajar.Aplikasi pembelajaran multimedia interaktif merupakan sarana belajar mandiri yang menyenangkan, saat ini siswa-siswi di SDN Lidah Wetan 2 Surabaya masih menggunakan metode konvensional dalam belajar mengerjakan latihan soal- soal, dari permasalahan tersebut penulismengusulkan penelitian Game Petualangan Sebagai Gamifikasi Latihan Soal Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pembelajaran multimedia interaktif, berupa pengenalan pengetahuan umum tingkat 3 sekolah dasar dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR), agar pengguna mendapatkan pengalaman belajar yang mengesankan. Augmented Reality adalah konsep perpaduan antara virtual reality dengan dunia nyata dalam satu waktu sehingga objek virtual tiga dimensi mendapatkan kesan seolah menyatu dengan dunia nyata. Tujuan membuat game edukasi ini untuk membuat murid sekolah dasar dapat bereksplorasi dan melatih latihan soal melalui aplikasi Augmented Reality dibantu kamera sebagai pemindai objek bidang datar untuk memunculkan objek soal tiga dimensi. Dalam pembuatan aplikasi memakai metode throw-away prototyping dan untuk metode pengujiannya memakasi metode guess-18. Game ini nanti dikembangkan menjadi 2 stage rumah dan sekolah. Untuk stage rumah ini ada sebuah soal-soal yang harus diselesaikan soalnya berkaitan tentang hak dan kewajiban dirumah dan stage sekolah ini ada sebuah latihan soal-soal juga tetapi berkaitan tentang pertumbuhan dan perkembangan maklhuk hidup. Hasil dari pengujian user experience pengguna menggunakan metode guess-18 yang dilakukan 30 anak kelas 3 dari total 18 pertanyaan mengenai aplikasi yang telah dibuat masuk pada kategori baik. Berdasarkan data yang diperoleh dari 30 responden mendapatkan rata rata 46,35 dan nilai standard deviation 4,26. Berdasarkan data kuisioner yang telah dibagikan menunjukan bahwa kelayakan aplikasi game tersebut dalam kategori baik khususnya dalam poin Social Connectivity.

Kata Kunci: Augmented Reality, Game Edukasi, aplikasi, pembelajaran

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
TA

Katalog

Game Petualangan Sebagai Gamifikasi Latihan Soal Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality
TA/FTIB.07.2023/35 MAU g
61p
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

FRENDA MAULANA
Perorangan
 
 

Penerbit

ITTS
Surabaya
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini