Pengalaman belajar yang menyenangkan akan menumbuhkan keinginan
untuk terus belajar.Aplikasi pembelajaran multimedia interaktif merupakan sarana
belajar mandiri yang menyenangkan, saat ini siswa-siswi di SDN Lidah Wetan 2
Surabaya masih menggunakan metode konvensional dalam belajar mengerjakan
latihan soal- soal, dari permasalahan tersebut penulismengusulkan penelitian Game
Petualangan Sebagai Gamifikasi Latihan Soal Sekolah Dasar Berbasis Augmented
Reality. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pembelajaran multimedia
interaktif, berupa pengenalan pengetahuan umum tingkat 3 sekolah dasar dengan
memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR), agar pengguna mendapatkan
pengalaman belajar yang mengesankan. Augmented Reality adalah konsep
perpaduan antara virtual reality dengan dunia nyata dalam satu waktu sehingga
objek virtual tiga dimensi mendapatkan kesan seolah menyatu dengan dunia
nyata. Tujuan membuat game edukasi ini untuk membuat murid sekolah dasar
dapat bereksplorasi dan melatih latihan soal melalui aplikasi Augmented Reality
dibantu kamera sebagai pemindai objek bidang datar untuk memunculkan objek
soal tiga dimensi. Dalam pembuatan aplikasi memakai metode throw-away
prototyping dan untuk metode pengujiannya memakasi metode guess-18. Game
ini nanti dikembangkan menjadi 2 stage rumah dan sekolah. Untuk stage rumah
ini ada sebuah soal-soal yang harus diselesaikan soalnya berkaitan tentang hak
dan kewajiban dirumah dan stage sekolah ini ada sebuah latihan soal-soal juga
tetapi berkaitan tentang pertumbuhan dan perkembangan maklhuk hidup. Hasil
dari pengujian user experience pengguna menggunakan metode guess-18 yang
dilakukan 30 anak kelas 3 dari total 18 pertanyaan mengenai aplikasi yang telah
dibuat masuk pada kategori baik. Berdasarkan data yang diperoleh dari 30
responden mendapatkan rata
rata 46,35 dan nilai standard deviation 4,26.
Berdasarkan data kuisioner yang telah dibagikan menunjukan bahwa kelayakan
aplikasi game tersebut dalam kategori baik khususnya dalam poin Social
Connectivity.
Kata Kunci: Augmented Reality, Game Edukasi, aplikasi, pembelajaran