PT.Respatindo Surabaya merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa yaitu layanan
distribusi barang. Dikarenakan luasnya wilayah Kota Surabaya maka dalam proses
pendistribusian barang perlu dilakukan penentuan pola rute pendistribusian terpendek dari semua
rute yang ada sehingga memperoleh jarak dan waktu tempuh yang terbaik. Untuk menyelesaikan
permasalahan yang ada di PT.Respatindo Surabaya dapat menggunakan Metode Travelling
Salesman Problem dan untuk pengembangan sistem akan menggunakan metode tradisional
pengembang perangkat lunak, metode waterfall. Dengan menggunakan metode tersebut dapat
menentukan jarak dan waktu tempuh yang terbaik. Dengan menggunakan metode Travelling
Salesman Problem perusahaan logistik akan lebih diuntungkan dengan jarak serta waktu
pengiriman menjadi lebih baik. Hasil desain dan implementasi sistem ini diharapkan dapat
memenuhi kebutuhan perusahaan logistik. Sistem yang dikembangkan dapat memudahkan
penggunaan dalam mengelola proses pengiriman logistik. Untuk mengevaluasi kualitas
pengalaman pengguna dalam penggunaan sistem yang dikembangkan, dilakukan pengujian
menggunakan metode Short UEQ (Usability Evaluation Questionnaire). Pengujian ini bertujuan
untuk mengukur kepuasan dan efektivitas sistem dari perspektif pengguna.
Kata Kunci: Implementasi, Travelling Salesman Problem, Rute Distribusi .