Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mojokerto merupakan unsur pelaksana Pemerintah
Daerah Kabupaten Mojokerto di bidang Lingkungan Hidup yang berfokus pada pelayanan
lingkungan. Institusi tersebut mengalami kesulitan dalam menghimpun aduan masyarakat
terkait masalah lingkungan di Kabupaten Mojokerto, dengan memiliki sistem pelayanan
berbasis website maka pengaduan masyarakat dapat tersampaikan secara mudah. Sistem
Pelayanan Pengaduan adalah salah satu solusi untuk memudahkan masyarakat menyampaikan
keluhan tentang lingkungan hidup yang ada di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mojokerto.
Laporan masyarakat mengenai permasalahan lingkungan di Kabupaten Mojokerto akan
ditampung dan ditata oleh sistem agar memudahkan petugas dinas tersebut dalam bekerja.
Penulis menggunakan metode waterfall dalam pengembangan sistem dan mengikuti alur yang
linier dari analisis ke desain, implementasi, pengujian, dan perawatan. Serta menggunakan
Bahasa pemrograman PHP (Hypertext Pre-processor) dan framework Laravel diharapkan dapat
menghasilkan sebuah sistem pelayanan yang akomodatif dan cepat. Hasil desain dan
implementasi sistem ini diharapkan dapat memudahkan pihak masyarakat dalam membuat
laporan aduan dan memudahkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mojokerto dalam
mengeloa laporan aduan. Setelah melakukan implementasi, pengujian dilakukan dengan
menggunakan User Experience Questionnaire menghasilkan nilai pragmatis 1.222, nilai
hedonis 1.263, dan nilai keseluruhan 1,24. Berdasarkan pengujian dapat disimpulkan aplikasi
mudah digunakan.
Kata Kunci: Pelayanan pengaduan, Waterfall, PHP, Laravel