ANALISIS KUALITAS APLIKASI QRAMAS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

AYU PUSPITA SARI

Informasi Dasar

156 kali
ITTS.0823000048
001
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam meningkatkan proses akademik, diperlukan sistem informasi yang didukung dengan teknologi informasi, dimana sistem informasi tersebut dapat memenuhi kebutuhan informasi dengan sangat cepat, tepat waktu, relevan, dan akurat. Hal tersebut menjadi pendorong untuk bersaing dengan perguruan tinggi lainnya, karena dengan meningkatnya efektivitas dan efisiensi pada proses layanan akademik dapat meningkatkan citra pada perguruan tinggi tersebut. Maka dari itu, dilakukan penelitian mengenai elektronic service quality pada aplikasi moQRAMAS. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah E-Servqual yang memiliki skala dimensi Efisiensi, Fulfillment, Reability, Responsive, Compensation, Privacy, Contact. Pada penelitian ini juga menggunakan perhitungan Metode Importance Performance Analysis (IPA). E-Service Quality digunakan untuk mengetahui persepsi dan harapan dari pengguna aplikasi moQRAMAS, dan IPA digunakan untuk mengetahui prioritas perbaikan dari tiap atribut layanan tersebut. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner yang memiliki karakteristik responden pegawai dan dosen yang menggunakan aplikasi moQRAMAS. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Untuk menghitung perhitungan E-Servqual dan IPA menggunakan tools IBM SPSS 29. Untuk melihat dimensi mana yang memerlukan perbaikan dan peningkatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Secara keseluruhan 7 dimensi elektronik kualitas layanan moQRAMAS belum memenuhi 100% kepuasan pengguna. Berdasarkan nilai gap persepsi dan harapan menunjukkan bahwa dimensi efficiency berada di rank 1 dengan nilai sebesar -1,213, dimensi reability berada di rank 2 dengan nilai sebesar -0,968, dimensi contact berada di rank 3 dengan nilai sebesar 0,664, dimensi responssiveness berada di rank 4 dengan nilai sebesar -0,598, dimensi fullfilment berada di rank 5 dengan nilai sebesar -0,539, dimensi compensation berada di rank 6 dengan nilai sebesar -0,261, dimensi privacy berada di rank 7 dengan nilai sebesar -0,134. Setelah di uji dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) terdapat 6 atribut yang berada pada kuadran I yang artinya merupakan prioritas perbaikan sesuai harapan pengguna yaitu E1,E2,E3,R1,R2,F3.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, E-ServQual, Importance Performance Analysis

Subjek

SISTEM INFORMASI
TA

Katalog

ANALISIS KUALITAS APLIKASI QRAMAS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)
TA/FTIB.08.2023/62 SAR a
152p
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

AYU PUSPITA SARI
Perorangan
Muhamad Nasrullah, S.Kom., M.Kom., Sri Hidayati,S.Si., M.Stat.
INDONESIA

Penerbit

TEL-U Surabaya
Surabaya
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini