ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA MYINDIHOME MENGGUNAKAN METODE ELECTRONIC SERVICE QUALITY DENGAN PENDEKATAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS: PENGGUNA MYINDIHOME SIDOARJO)

ALFONSUS NATHANAEL DAMAR PRISTIANTIO

Informasi Dasar

99 kali
ITTS.0823000063
001
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini aplikasi MyIndihome mendapatkan rating 3,0 dari 5,0 pada Google Play Store (versi Indonesia) dan mendapatkan rating 4,1 dari 5,0 pada App Store. Namun tidak sedikit pelanggan yang mengeluh terkait kualitas layanan yang diberikan pihak MyIndihome. Pengguna yang merasa kurang puas memberikan keluhan dan penilaian rating yang kecil pada aplikasi myIndihome Dalam meningkatkan layanan yang diberikan kepada pengguna Indihome, maka pihak PT. Telkom Indonesia menciptakan aplikasi MyIndihome yang bertujuan untuk mempermudah pengguna layanan internet indihome dalam mengakses dan mengelola layanan Triple Play Service (internet, televisi, dan telepon rumah). Namun, tidak semua fitur aplikasi ini dapat dengan mudah digunakan oleh pengguna, terutama pengguna aplikasi MyIndihome di Sidoarjo. Hal ini mempengaruhi kepuasan pengguna terhadap aplikasi myIndihome. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode Electronic Service Quality (E-Servqual) dengan pendekatan Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna. Metode E-Servqual digunakan untuk membandingkan persepsi dan harapan pengguna terhadap kualitas layanan, dengan tujuh dimensi E-Servqual sebagai variabel uji. Hasil penelitian ini adalah hasil nilai GAP mendapatkan nilai negatif pada setiap atribut, dengan tiga atribut nilai GAP terendah yakni atribut F1 (-0.86), RE1 (-0.85), dan F3 (-0.83). Selanjutnya hasil perankingan menggunakan metode AHP mendapatkan hasil dari tiga nilai rata-rata E-Servqual terbobot terendah dengan nilai prioritas -0.259 (Fulfillment), -0.199 (Privacy), dan -0.172 (Contact). Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi MyIndihome masih terdapat beberapa kekurangan terutama pada variabel F1, RE1, dan F3 pada perhitungan nilai GAP, pada hasil perankingan AHP didapati kekurangan pada nilai rata-rata E-Servqual terbobot dengan nilai prioritas pada dimensi fulfillment, privacy, dan contact.

Kata Kunci: Electronic Service Quality, Analytic Hirearchy Process, MyIndihome.

Subjek

SISTEM INFORMASI
TA

Katalog

ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA MYINDIHOME MENGGUNAKAN METODE ELECTRONIC SERVICE QUALITY DENGAN PENDEKATAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS: PENGGUNA MYINDIHOME SIDOARJO)
TA/FTIB.08.2023/69 PRI a
77p
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

ALFONSUS NATHANAEL DAMAR PRISTIANTIO
Perorangan
Muhamad Nasrullah, S.Kom., M.Kom., Sri Hidayati,S.Si., M.Stat.
INDONESIA

Penerbit

TEL-U Surabaya
Surabaya
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini