ANALISA PENGUKURAN KUALITAS JARINGAN LTE INDOSAT AREA CENGKARENG CASA JARDIN BERDASARKAN DATA DRIVE TEST

ALFAT MAHARDIKA

Informasi Dasar

24.06.015
003.72
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Drive test merupakan suatu pengukuran langsung yang bertujuan untuk mengetahui kondisi jaringan dari suatu operator dalam suatu wilayah. Tugas akhir ini membahas permasalahan yang berhubungan dengan kondisi jaringan 4G LTE di Cengkareng Casa Jardin dari hasil pengukuran drive test berdasarkan standar parameter jaringan yang dipakai oleh operator, yaitu PCI, ENode, SectorID, Local ID, Cell ID, Azimuth, EARFCN dan lain-lain.

Dari hasil drive test dengan dilakukannya metode idle dan dedicated, dan static untuk mengatasi masalah cakupan sinyal yang diketahui operator mana yang belum mencapai target untuk beberapa standar parameter jaringan. Untuk selanjutnya dari hasil drive test ini akan dipakai oleh pihak operator selaku penyedia layanan telekomunikasi untuk melakukan optimasi agar tercapai suatu hasil standar jaringan yang baik yang sesuai dengan standar parameter jaringan yang dipakai oleh operator.

Peningkatan jumlah pelanggan suatu operator jaringan seluler tidak hanya berdampak pada peningkatan penghasilan operator tersebut, tetapi berdampak juga pada penurunan kualitas jaringan. Penurunan kualitas jaringan ini ditandai dengan meningkatnya jumlah kegagalan panggilan. Kegagalan panggilan dapat disebabkan oleh beberapa faktor misalnya kesalahan pada perangkat telekomunikasi pelanggan, lokasi pelanggan yang berada diluar jangkauan BTS dan jaringan yang sedang padat. Untuk menghindari terjadinya penurunan kualitas jaringan maka harus dilakukannya optimasi jaringan secara berkala. Salah satunya dengan metode dalam melakukan optimasi jaringan adalah drive test.

Kata kunci: Drive test, KPI, Idle Mode, Dedicate Unlocked Mode and Static Mode.

Subjek

Networks
Drive test, KPI, Idle Mode, Dedicate Unlocked Mode and Static Mode.

Katalog

ANALISA PENGUKURAN KUALITAS JARINGAN LTE INDOSAT AREA CENGKARENG CASA JARDIN BERDASARKAN DATA DRIVE TEST
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALFAT MAHARDIKA
Perorangan
Rawan Hiba, S.T., M.T.
 

Penerbit

Telkom University Jakarta
Jakarta
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini