PERANCANGAN ANTENA MIKROSTRIP TRIANGULAR ARRAY PADA FREKUENSI KERJA 2,6 GHz UNTUK APLIKASI GPR (GROUND PENETRATING RADAR)

SITI MARWA SALSABILA

Informasi Dasar

24.06.016
621.382 4
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Dalam dunia telekomunikasi terutama pada bidang radar, diperlukan suatu sistem radar yang dapat mendeteksi objek dengan tepat dan akurat Salah satu pengimplementasiannya untuk mendeteksi barang-barang dibawah tanah, yaitu aplikasi Ground Penetrating Radar. Ground Penetrating Radar (GPR) merupakan salah satu metode geofisika yang memanfaatkan gelombang elektromagentik, digunakan untuk mendeteksi kondisi bawah permukaan tanah. Salah satu jenis antena yang digunakan untuk aplikasi Ground Penetrating Radar (GPR) yaitu antena mikrostrip. Pada proyek akhir ini dibuat perancangan antenna mikrostrip dari sebuah patch triangular yang di modifikasi menjadi 2x1 elemen array, modifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan nilai gain dan antena yang bekarja pada frekuensi 2,6 GHz. Simulasi yang digunakan yaitu software AWR Microwave Office 2009. Standar spesifikasi yang harus dipenuhi ialah, VSWR s 2. Return loss s -10 dB dan gain ? 6 dB. Jenis subtrat yang digunakan yaitu FR-4 Epoxy dengan konstanta dielektrik (er) = 4,3 ketebalan subtrat (h)= 1,6, dan loss tangen= 0,0265 Hasil simulasi rancangan antena array dibentuk dalam dimensi subtrat 120 mm x 100 mm, dengan perolehan nilai return loss sebesar -27,72 dB, VSWR 1,086 dan gain 7,843 dB. Hasil yang didapat sudah sesuai dengan standar spesifikasi antena sebagai penerima sinyal digital untuk GPR.

Kata kunci: Antena Triangular, Antena Array, GPR, 2,6 GHz

Subjek

ANTENNA
Antena Triangular, Antena Array, GPR, 2,6 GHz

Katalog

PERANCANGAN ANTENA MIKROSTRIP TRIANGULAR ARRAY PADA FREKUENSI KERJA 2,6 GHz UNTUK APLIKASI GPR (GROUND PENETRATING RADAR)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SITI MARWA SALSABILA
Perorangan
Nadia Media Rizka, S.T., M. Eng.
 

Penerbit

Telkom University Jakarta
Jakarta
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini