Fenomena naik turunnya pangsa pasar smartphone di Indonesia membuat adanya persaingan perusahaan dalam industri smartphone. Persaingan tersebut dapat dilihat dari hasil data pangsa pasar merek smartphone di Indonesia dengan perbandingan Q1-Q2 dengan Q3-Q4 tahun 2022. Persaingan terlihat ketika Samsung mengalami penurunan sebesar 0,44% dimana hal tersebut membuat Samsung berada di urutan kedua yang sebelumnya berada di posisi pertama.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari social media marketing terhadap tiga variabel intervening yang digunakan dalam penelitian ini (brand trust, brand image, dan brand awareness), untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari tiga variabel intervening terhadap purchase intention, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh social media marketing terhadap purchase intention, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ketiga variabel intervening dalam memediasi antara variabel social media marketing dan purchase intention.
Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan adalah metode kuantitatif. Responden yang terlibat adalah pengguna yang pernah atau sedang menggunakan smartphone merek Samsung yang berada di Indonesia sebanyak 212 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalam PLS-SEM dengan mengunakan tools SmartPLS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa seluruh hipotesis penelitian ini berpengaruh secara positif signifikan. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan variabel lain yang dapat mempengaruhi minat beli.