PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN IN-STORE DISPLAY TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING (STUDI PADA KONSUMEN BRAND SOMETHINC DI INDONESIA MELALUI SHOPEE LIVE) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MARISA PUSPITA SARI

Informasi Dasar

659 kali
24.04.061
658.82
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini, fitur Shopee live menjadi fitur live streaming shopping yang sangat popular dan paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Fenomena ini, dimanfaatkan oleh brand skincare lokal Somethinc untuk menghadapi persaingan industri skincare di Indonesia saat ini. Namun, pemanfaatan Shopee live sebagai media pemasaran dirasa kurang cukup untuk menghadapi persaingan tersebut. Somethinc juga memanfaatkan fenomena impulse buying yang saat ini sedang marak terjadi di Indonesia. Dalam menciptakan fenomena impulse buying tersebut, Somethinc memberikan price discount dan berusaha membangun suasana yang nyaman melalui tampilan visual in-store display selama Shopee live berlangsung. Dengan besarnya diskon yang diberikan dan kenyamanan yang diciptakan melalui tampilan visual, maka semakin besar juga peluang seseorang untuk melakukan pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh langsung dari price discount dan in-store display terhadap impulse buying. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling pada 155 responden konsumen brand Somethinc di Indonesia yang pernah melakukan pembelian tidak terencana setidaknya satu kali melalui Shopee Live. Data dikumpulkan melalui kuesioner online melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa price discount dan in - store display memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying konsumen brand Somethinc di Indonesia melalui Shopee live. Price discount dan in-store display secara simultan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying konsumen brand Somethinc di Indonesia melalui Shopee live. Adapun saran yang dapat diberikan, brand Somethinc perlu mempertahankan dan meningkatkan perhatian terhadap desain in-store display melalui fitur Shopee live yang dimilikinya. Brand Somethinc harus memperhatikan nilai kegunaan produk sesuai dengan claim kandungan produk, menggunakan teknologi seperti augmented reality, membuat games selama live berlangsung yang menjadi keunikan interaktivitas, dan menyesuaikan kuantitas dan periode diskon sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu mengeksplorasi variabel atau faktor lain yang berpotensi mempengaruhi pembelian impulsif dan menggunakan platform e-commerce yang berbeda seperti Tiktok live yang saat ini juga tengah popular di kalangan masyarakat. Kata Kunci: Price Discount, In-Store Display, Impulse buying, Shopee Live

Subjek

SALES PROMOTION
PRICE CONTROL,

Katalog

PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN IN-STORE DISPLAY TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING (STUDI PADA KONSUMEN BRAND SOMETHINC DI INDONESIA MELALUI SHOPEE LIVE) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MARISA PUSPITA SARI
Perorangan
Maya Ariyanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SM231023 - MARKETING MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini