Pengaruh Kepribadian Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Telkom - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ABI MAULANA SIDIK

Informasi Dasar

24.04.098
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rasio kewirausahaan di Indonesia masih berada dilevel 3,47%. Oleh karena itu, di era industri 4.0 saat ini yang diperlukan adalah membangun ekosistem yang baik untuk berwirausaha dan juga memanfaatkan teknologi menjadi technopreneur. Salah satu program Universitas Telkom adalah Work Ready Program Entrepreneurship, yaitu sebuah program untuk membantu mahasiswa yang ingin belajar berbisnis dan menjadi pengusaha mulai dari nol. Kewirausahaan merupakan sebuah konsep yang kompleks dan melibatkan berbagai faktor yang mempengaruhi keinginan dan kemampuan seseorang untuk terlibat dalam kegiatan wirausaha. Salah satu faktor yang berperan dalam mempengaruhi minat berwirausaha adalah menyangkut aspek kepribadian seseorang. Mahasiswa Administrasi Bisnis Universtas Telkom memiliki latar belakang akademis yang beragam dan memiliki potensi yang belum tergali sepenuhnya dalam dunia wirausaha. Peneliti melakukan observasi terkait minat berwirausaha dan terdapat hasil 78% mahasiswa Administrasi Bisnis berminat memiliki usaha sendiri tetapi belum merealisasikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kepribadian terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Telkom. Peneliti menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif dengan desain asosiatif regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah 1847 orang, maka didapatkan jumlah sampel sebesar 329 orang yang merupakan mahasiswa aktif jurusan Administrasi Bisnis di Universitas Telkom angkatan 2019-2023, berjenis kelamin laki-laki dan Perempuan, serta memiliki rentang usia 19-23 tahun. Ada pun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Analisis deskriptif total nilai rata-rata dari analisis tanggapan responden pada variabel Kepribadian X sebesar 74% dengan kategori baik dalam memiliki kepribadian Big Five, sedangkan pada variabel Minat Berwirausaha Y total nilai rata-rata sebesar 68% yang artinya mahasiswa dinilai cukup baik dalam memiliki minat berwirausaha. Koefisien regresi bernilai positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa arah pengaruh variabel x terhadap variabel y adalah positif atau searah. uji hipotesis (uji t), thitung 10,431 lebih besar dari ttabel 0,000076 maka Ha diterima. koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,25 yang artinya besaran pengaruh Kepribadian terhadap Minat Berwirausaha sebesar 25% sedangkan sisanya 75% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti lingkungan keluarga, pengetahuan kewirausahaan, self efficacy, ekspetasi pendapatan, pendidikan, religiusitas, demografi, gender dan masih banyak lagi.

Kata Kunci: Kepribadian, Minat Berwirausaha, Big Five

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
Wirausaha,

Katalog

Pengaruh Kepribadian Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Telkom - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABI MAULANA SIDIK
Perorangan
Yulia Nur Hasanah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini