PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WoM), DAN DISCOUNT TERHADAP IMPULSIVE BUYING (STUDI KASUS PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NADILA RABIATUL AWALIYAH

Informasi Dasar

24.04.103
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Shopee, sebagai salah satu e-commerce yang berdiri sejak 2015 dan merupakan bagian dari Sea Group di Asia Tenggara, telah berhasil menciptakan platform belanja online yang aman, user-friendly, dan cepat. Dengan operasional yang kuat di tujuh pasar di Asia Tenggara, Shopee tidak hanya menyediakan platform bagi pembeli untuk menemukan produk, tetapi juga memberikan pelatihan dan dukungan kepada penjualnya. Pertumbuhan e-commerce di Indonesia yang pesat juga dipengaruhi oleh faktor seperti peningkatan penduduk, pengguna smartphone dan internet yang meningkat, serta perkembangan perusahaan teknologi finansial. Dengan strategi harga bersaing, berbagai macam promo, layanan pengiriman cepat, kebijakan pengembalian yang baik, dan dukungan pelanggan yang baik, Shopee menjadi pilihan utama konsumen dengan penggunaan e-commerce yang terus meningkat. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Shopping Lifestyle, Electronic Word of Mouth (E-WoM), dan Discount terhadap Impulsive Buying secara parsial dan simultan, dengan harapan memberikan manfaat teoritis sebagai sumber informasi dan wawasan, serta manfaat praktis bagi pihak terlibat dan mendorong penelitian lebih lanjut di bidang ini. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengeksplorasi lebih lanjut tentang shopping lifestyle, E-WoM, dan Discount pada Shopee.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non-probabilitty sampling jenis purpose sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 97 responden. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu, masyarakat kota Bandung yang pernah membeli barang di Shopee. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara simultan (uji f), variabel shopping lifestyle, electronic word of mouth, dan discount berpengaruh secara signifikan terhadap impulsive buying pada pengguna e-commerce Shopee yang berdomisili di kota Bandung. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t), variabel shopping lifestyle, electronic word of mouth, dan discount berpengaruh secara signifikan terhadap impulsive buying pada pengguna e-commerce Shopee yang berdomisili di kota Bandung. Berdasarkan koefisien determinasi didapat bahwa shopping lifestyle, electronic word of mouth, dan discount mempunyai pengaruh sebesar 57,3%. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu Shopee dapat menggunakan data perilaku belanja untuk menawarkan rekomendasi produk yang lebih sesuai dengan preferensi masing-masing pengguna, meningkatkan kampanye pemasaran yang melibatkan pengguna Shopee, dan melakukan penelitian terhadap preferensi pembeli terkait jenis diskon yang paling efektif.

Subjek

TUGAS AKHIR
DIGITAL MARKETING,

Katalog

PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WoM), DAN DISCOUNT TERHADAP IMPULSIVE BUYING (STUDI KASUS PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADILA RABIATUL AWALIYAH
Perorangan
Aditya Wardhana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini