Pengaruh Product Placement Oreo Wafer dalam Film Petualangan Sherina 2 terhadap Respons Khalayak - Dalam bentuk buku karya ilmiah

GHINA NUR AMRI

Informasi Dasar

181 kali
24.04.142
791.437
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Periklanan berperan penting dalam dunia pemasaran dan bisnis, tetapi iklan tradisional di televisi mengalami tantangan dengan penonton yang merasa bosan terhadap iklan yang monoton, yang dikenal sebagai advertising wearout. Zapping dan zipping adalah fenomena di mana penonton beralih saluran untuk menghindari iklan. Sebagai solusi, product placement muncul sebagai alternatif dengan menempatkan produk di dalam alur cerita film atau program televisi. PT Mondel?z Indonesia Manufacturing yang memproduksi Oreo Wafer memilih product placement dalam film Petualangan Sherina 2 sebagai strategi pemasaran. Penelitian menggunakan teori S-R (Stimulus – Respons), product placement menjadi stimulus dan respons khalayak menjadi reaksi terhadap stimulus. Penelitian bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh product placement Oreo Wafer dalam film tersebut terhadap respons khalayak. Respons khalayak dibagi menjadi tiga tingkat: kognitif, afektif, dan konatif. Melalui metode kuantitatif, pengambilan sampel dilakukan melalui probability sampling jenis simple random sampling, dengan melibatkan 400 responden. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Uji hipotesis menunjukkan product placement Oreo Wafer secara signifikan memengaruhi respons khalayak dengan t hitung > t tabel (14.362 > 1.960). Hasil penelitian menyatakan product placement Oreo Wafer dalam film Petualangan Sherina 2 memengaruhi respons khalayak sebesar 34.1%, sementara sebesar 65.9% variabel respons khalayak dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak disertakan dalam penelitian.

Kata kunci: Advertising wearout, film, product placement, periklanan, respons khalayak.

Subjek

PERIKLANAN
FILM-CINEMATOGRAPHY,

Katalog

Pengaruh Product Placement Oreo Wafer dalam Film Petualangan Sherina 2 terhadap Respons Khalayak - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GHINA NUR AMRI
Perorangan
Rah Utami Nugrahani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • KII2N3 - MANAJEMEN PERIKLANAN DAN PEMBELIAN MEDIA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini