Perpustakaan sebagai salah satu bagian dari tempat pendidikan mempunyai peranan
yang sangat penting untuk menambah wawasan serta pengetahuan pelajar. Fasilitas dari
suatu perpustakaan juga merupakan hal yang perlu diperhatikan, karena fasilitas yang memadai
dapat memudahkan dan memperlancar segala aktivitas dalam perpustakaan. Di era digital ini,
banyak perpustakaan yang telah menyediakan layanan internet sebagai sarana dalam
menunjang produktivitas pengunjung, salah satunya adalah Perpustakaan Umum Kota
Probolinggo. Melalui hasil wawancara kepada pustakawan yang telah dilakukan oleh penulis,
layanan internet yang saat ini digunakan di Perpustakaan Umum Kota Probolinggo yaitu wifi,
yang didalamnya tidak ada pembatasan user maupun waktu pemakaian, sehingga banyak
pengguna yang tidak memiliki kepentingan di perpustakaan dapat dengan mudah mengakses
layanan internet. Saat ini, dalam mengantisipasi hal tersebut, pihak perpustakaan harus selalu
mengubah password setiap harinya. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian
dengan merancang desain layanan akses internet dan mengimplementasikannya dalam bentuk
captive portal dan User Management berbasis website di Perpustakaan Umum Kota
Probolinggo . Fitur yang tersedia dalam website User Management antara lain create, view, dan
delete akun user yang terdaftar maupun dengan layanan internet. Pada penelitian ini
menggunakan Software Development Life Cycle dengan model Waterfall. Metode waterfall
mencakup serangkaian tahap yang dijalani secara berurutan, mulai pada tingkat kemajuan
sistem pada seluruh analisis, design, implementasi, pengujian dan pemeliharaan system.
Penggunaan Waterfall karena kebutuhan telah ditetapkan dengan jelas di awal, sehingga dapat
meminimalisir peluang terjadinya perubahan kebutuhan mendadak dan dapat mengurangi risiko
dari perubahan selama proyek berlangsung. Testing jaringan ini menggunakan metode
pengujian Black Box, yang berfokus pada persyaratan fungsional sistem. Output yang
dihasilkan adalah pengembangan sistem jaringan pada perpustakaan, meliputi terbentuknya
halaman login captive portal jaringan dimana hanya dapat diakses oleh pengunjung yang
melakukan peminjaman dan User Management untuk admin. Hasil akhir dari perancangan
layanan akses internet ini akan membantu memaksimalkan penggunaan layanan internet di
perpustakaan dan membantu admin dalam memantau pengguna layanan internet.
Kata Kunci: Captive portal, Internet, Perpustakaan, User Management, Waterfall.