Haripanen.id merupakan website yang digunakan sebagai platform penyebaran
informasi terkait pertanian dan produk-produk pertanian. Berdasarkan wawancara
dengan pemilik website, terdapat beberapa kekurangan yang diidentifikasi, seperti
1) Platfrom kami jarang dikunjungi oleh pengguna, 2) informasi terkait produk sulit
ditemukan, dan 3) perlunya pembaharuan sistem dengan menambahkan fitur-fitur
baru guna mengimplementasikan sistem digital pada proses bisnis Haripanen.id.
Hasil pre-survey UEQ juga menunjukkan adanya nilai "bad" pada 6 skala UEQ,
yaitu attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation, dan novelty,
menandakan rendahnya nilai usability yang dimiliki oleh website tersebut. Peneliti
menggunakan metode User-Centered Design (UCD) untuk melakukan pemodelan
ulang dari aplikasi Haripanen.id. UCD (User Centered Design) yang memiliki
5(lima) tahapan pada prosesnya yaitu, plan the human process, Specify The Context
of Use, Specify The User And Organizational Requirement, Produce Design
Solution, Evaluate Design against User Requirements. Pengujian akhir dari
penelitian ini menggunakan metode Maze Usability Testing dengan parameter
utama Screen Usability Score (SCUS), Mission Usability Score (MIUS), Maze
Usability Score (MAUS). Selain itu, peneliti juga mengembangkan UI kit khusus
yang mencakup elemen-elemen desain, ikon, dan tata letak yang konsisten untuk
digunakan dalam antarmuka pengguna. Hasil utama dari penelitian ini
menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengalaman pengguna setelah
penerapan prinsip-prinsip UCD dalam perancangan ulang antarmuka pengguna
Haripanen.id. Pada akhirnya dapat diambil kesimpulan bahwa penelitian ini
berhasil melakukan pemodelan ulang terhadap Mobile web haripanen dengan bukti
skor akhir MAUS dari Maze Usability Testing sebesar 96.5 poin yang merupakan
skor sangat baik dan sudah melebihi standar yang ditetapkan dari Maze yaitu
sebesar 80.0 poin.
Kata Kunci : Haripanen.id, User Centered Design, Maze Usability Testing,
Usability Testing.