Cover pada wheel hub berfungsi untuk melindungi komponen-komponen
terpenting serta menopang berat yang berasal dari body, sehingga harus didesain
sebaik mungkin agar dapat menopang berat-berat yang ada. Cover pada wheel hub
juga berfungsi sebagai balance saat akan dikendarai sehingga cover tersebut dibuat
dengan material yang kuat serta tidak mudah korosi dikarenakan pada bagian
tersebut sering mendapat tekanan-tekanan mekanis. Permasalahan yang terjadi
pada perusahaan Manufaktur Energi Nusantara (MEN) membuat peneliti ingin
mengembangkan desain cover pada wheel hub single shaft dengan tujuan agar dapat
meningkatkan kekuatan pada cover dalam menerima tekanan dari kendaraan,
pengendara, dan penumpang. Dalam penelitian tugas akhir ini dilakukan sebuah
studi simulasi dengan menggunakan software solidwork yang berfungsi untuk
merancang cover serta melakukan simulasi statis agar mengetahui nilai deformasi
dan tegangan yang terjadi pada cover wheel hub single shaft. Material yang
digunakan pada perancangan cover yaitu Aluminium Alloy 6061 dengan nilai beban
2177 N dan 2912 N. Didapatkan nilai deformasi maksimum pada cover MEN
sebesar 0,272 mm, nilai strain 0,007, dan nilai stress 730,805 N/m2 dengan beban
2177 N. Pada pembebanan 2912 N didapatkan nilai deformasi maksimum 0,111
mm, nilai strain 0,003, dan stress 307,538 N/m2
. Dapat disimpulkan cover MEN
memiliki nilai statis yang lebih tinggi dibandingkan cover YMMotor. Terdapat
beberapa faktor seperti ketebalan cover pada bagian-bagian yang digunakan
sebagai titik support.
Kata kunci: Beban Statis, Cover, Electric Scooter, Wheel Hub