ANALISIS KEMAMPUAN BERMAIN GAME SECARA CLOUD PADA PLATFORM GAMING ON DEMAND MENGGUNAKAN JARINGAN 5G DI WILAYAH SURABAYA

Wahyu Fatur Alfansyah

Informasi Dasar

135 kali
24.04.305
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di dalam perkembangan dunia game yang semakin maju maka dibutuhkan perangkat dengan spesifikasi yang lebih tinggi, semakin kompleks sebuah game maka akan semakin berat juga perangkat yang dibutuhkan. Pengguna yang memiliki perangkat dengan spesifikasi rendah tidak akan memungkinkan untuk menjalankan sebuah game yang membutuhkan spesifikasi tinggi. Dengan adanya teknologi game on demand dapat membuat pengguna menjalankan game yang berat pada perangkat yang berspesifikasi rendah. Gaming on demand atau yang biasa dikenal sebagai cloud gaming merupakan layanan permainan daring yang dimana pengguna dapat memainkan sebuah permainan tanpa perlu untuk mengunduh dan menyimpannya pada perangkat pribadi. Dengan teknologi ini pengguna akan memainkan sebuah game secara remote control pada server jarak jauh yang terdapat pada pusat data dan tidak membutuhkan perangkat berspesifikasi tinggi untuk memainkannya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa dua platform Gaming on Demand yang digunakan yaitu Nvidia Geforce Now dan Xbox Game Pass Ultimate berjalan dengan baik sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Signal strength mempengaruhi kualitas layanan dari Gaming on Demand, dengan hasil nilai rata-rata signal strength dari kedua provider sebesar - 90 dBm dan berdasarkan standarisasi berada di kategori bagus. Pengujian kualitas layanan Gaming on Demand dengan menggunakan parameter Quality of Service dengan menggunakan dua provider yaitu Telkomsel dan Indosat, dengan nilai troughput yang didapatkan Telkomsel sebesar 3,9 Mbps dan Indosat memiliki nilai sebesar 3,3 Mbps. Untuk nilai delay dan jitter Telkomsel sebesar 1,65 ms dan Indosat sebesar 2,32 ms. Sehingga telkomsel sedikit lebih baik dalam perolehan troughput serta delay dan jitter yang didapatkan juga lebih rendah daripada Indosat. Untuk hasil Mean Opinion Score (MOS) menunjukkan bahwa platform Gaming on Demand Nvidia memiliki keunggulan daripada Xbox, dengan nilai Mean Opinion Score (MOS) Nvidia sebesar 3,63 dan nilai Mean Opinion Score (MOS) Xbox sebesar 3,04. Hal ini sesuai dengan hasil Quality of Service yang sudah dilakukan, dan Nvidia menyediakan layanan dan experience yang lebih baik daripada Xbox.

Kata kunci: Gaming on Demand, 5G, Quality of Service, Game, Cloud

Subjek

TELEKOMUNIKASI
TA

Katalog

ANALISIS KEMAMPUAN BERMAIN GAME SECARA CLOUD PADA PLATFORM GAMING ON DEMAND MENGGUNAKAN JARINGAN 5G DI WILAYAH SURABAYA
TA/FTE.01.2024/106 ALF a
71
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

Wahyu Fatur Alfansyah
Perorangan
Hamzah Ulinuha Mustakim, S.T., M.T., Arrizky Ayu Faradila Purnama, S.T., M.T.
 

Penerbit

Tel-U Surabaya
Surabaya
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini