Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya pemanfaatan Instagram, dalam menyebarkan informasi, namun terdapat kesenjangan analisis terhadap efektivitas, dampak, dan perencanaan komunikasi. Dengan menganalisis model komunikasi dalam memanfaatkan media digital Instagram sebagai media informasi GenBI Tel-U kabinet Alceena pada Sosialisasi Beasiswa Bank Indonesia 2023 akan menunjukkan bentuk dan model komunikasi yang direpresentasikan dalam bentuk pesan, jenis pesan, makna pesan, dan gaya interactive pesan. Melalui metode deskriptif kualitatif, penelitian ini akan menjelaskan dengan data, narasi, dan bukan angka mengenai bagaimana model komunikasi yang dibentuk. Penelitian ini menggunakan model komunikasi 5W Laswell “Model komunikasi yang dilakukan dianalisis bedasrkan model 5W Laswell “Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect” sebagai acuan. Sehingga ditemukan komunikator adalah tim panitia acara dan humas kegiatan sosialisasi beasiswa Bank Indonesia 2023 GenBI Tel-U pada masa kabinet Alceena, pesan yang disampaikan adalah poster kegiatan yang Indonesia melibatkan pemilihan pembicara yang kompeten, pengemasan informasi dalam poster kreatif, serta caption yang singkat namun informatif, media yang digunakan adalah Instagram dengan media lain sebagai pembantu penyebaran informasi seperti WhatsApp, Line, dan Telegram, target audiens yang disasar adalah mahasiswa/I angkatan 2021 dan 2022 yang sedang mencari beasiswa sebanyak 200 peserta, lalu efek yang dihasilkan adalah target audiens yang tercapai.
Kata kunci: Strategi Komunikasi, Media Sosial, Sosialisasi