Atria hotel gading serpong merupakan operator hotel baru di indonesia yang dimiliki oleh paramount grup dan di kelola oleh anak perusahaan Parador hotel & resort yang di fasilitasi berbagai media komunikasi dengan jaringan wireless LAN untuk kepentingan dan kenyamanan bagi tamu, karyawan, dan sistem pada gedung atria hotel gading serpong harus memiliki penerapan standart quality of service (QoS) kemampuan menyediakan layanan trafik suatu jaringan dengan baik.
pengukuran diambil di beberapa titik lokasi di atria hotel gading serpong sehingga dapat dibandingkan performasi dari masing-masing lokasi pengujian. ada 3 parameter yang digunakan sebagai bahan bengukuran yaitu, delay, throughput, dan packet loss. pengukuran ini dilakukan selama 5 hari dengan jadwal 3 shift setiap harinya. pengukuran ini untuk mengetahui seberapa besar nilai delay, throughput, dan packet loss. Pengukuran ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar nilai delay, throughput, dan packet loss.
Dari hasil pengukuran pada 2 titik lokasi penelitian didapatkan nilai rata-rata delay pada lantai 1 sebesar 3,935 ms dan lantai 2 sebesar 3,856 ms. Nilai rata-rata throughput pada lantai 1 sebesar 4,472.385 Mbps dan lantai 2 sebesar 6,293.272. nilai rata-rata packet loss pada lantai 1 sebesar 0,002 % dan lantai 2 sebesar 0,002 %.
Kata kunci : wireless lan, delay, throughput, packet loss