ANALISIS MOTIVASI DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN PEMBAYARAN NON TUNAI DI KOTA BANDUNG - Dalam bentuk buku karya ilmiah

GIOVANY FLORENZA

Informasi Dasar

145 kali
24.04.355
004.11
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan zaman yang cepat diiringi dengan kemajuan teknologi dan digitalisasi telah memberikan dampak signifikan pada kehidupan masyarakat modern, yang semakin dituntut untuk hidup dalam kemudahan. Kemajuan teknologi ini juga berpengaruh ke dalam sistem pembayaran pada masyarakat.   Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan pembayaran non-tunai di kota Bandung.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan pembayaran non tunai di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan variabel performance expectacy, faciliating conditions, social influence, innovativeness, perceived technology security, hedonic motivation, dan customer behavior.

 Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan penyebaran kuesioner sebagai alat yang efektif dan efisien dalam pengumpulan data. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di kota Bandung. Data akan diolah menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4.0.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa faktor memiliki pengaruh signifikan terhadap adopsi konsumen terhadap pembayaran non-tunai di kota Bandung. Performance Expectancy, Facilitating Conditions, Social Influence, Innovativeness, Perceived Technology Security, Hedonic Motivation, dan Customer Behavior, semuanya memiliki pengaruh yang signifikan, yang dibuktikan oleh nilai t-statistik, koefisien jalur positif, dan p-value yang lebih kecil dari 0,05. Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor-faktor tersebut memiliki peran yang penting dalam mempengaruhi adopsi konsumen terhadap pembayaran non-tunai di kota Bandung.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pemerintah sehingga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menyelesaikan permasalahan atau memaksimalkan potensi yang ada mengenai pengadopsian penggunaan pembayaran non tunai pada masyarakat. Hasil penelitian ini juga diharpkan dapat menjadi bahan referensi penelitian yang berhubungan dengan pengadopsian cashless payment bagi peneliti selanjutnya.

 

Kata kunci: cashless payment, cashless society, digitalisasi, motivasi, teknologi

 

Subjek

DIGITAL MARKETING
MARKETING MANAGEMENT,

Katalog

ANALISIS MOTIVASI DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN PEMBAYARAN NON TUNAI DI KOTA BANDUNG - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GIOVANY FLORENZA
Perorangan
Tri Widarmanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SM231023 - MARKETING MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini