Terbatasnya jumlah lapangan pekerjaan yang menyebabkan pengangguran masih menjadi masalah yang dihadapi oleh negara berkembang seperti di Indonesia. Menjadi seorang pengusaha dipercaya dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, minat berwirausaha dikalangan masyarakat khususnya generasi muda perlu untuk ditingkatkan. Peningkatan minat berwirausaha harus diiringi oleh peningkatan hasrat berwirausaha serta kreativitas individu sebab, banyak bisnis baru gagal karena kurangnya hasrat kewirausahaan, kurangnya kreativitas, dan kurangnya ide-ide inovatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak kreativitas terhadap minat berwirausaha dengan peran mediator dari hasrat berwirausaha pada mahasiswa Kota Bandung. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kuisioner dibagikan kepada sampel yang merupakan mahasiswa Kota Bandung sejumlah 100 orang.
Selanjutnya, hasil jawaban kuisioner dianalisis menggunakan teknik analisis SEM-PLS yang meliputi uji outer model, inner model, hingga pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kreatifitas terbukti mampu mempengaruhi minat berwirausaha dan hasrat berwirausaha. Selain itu, variabel hasrat berwirausaha pada penelitian kali ini terbukti memediasi hubungan antara kreatifitas dan minat berwirausaha ditengah kalangan mahasiswa Kota Bandung.
Kata Kunci: Minat Berwirausaha, Kreatifitas, Hasrat Berwirausaha, Mahasiswa, Kota Bandung.