PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP E-LOYALTY PELANGGAN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA DENGAN ONLINE TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING - Dalam bentuk buku karya ilmiah

GUSTI ALAM HAKIKI

Informasi Dasar

149 kali
24.04.375
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi semakin pesat dan berbagai kegiatan usaha kecil hingga besar memanfaatkan perkembangan tersebut untuk menjalankan usahanya. Pemasaran digital menjadi salah satu media pemasaran yang saat ini banyak diminati masyarakat untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan. Tokopedia merupakan e-commerce yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam memasarkan produknya melalui sosial media mengingat jumlah pengguna sosial media di indonesia yang begitu besar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif terkait dengan pemasaran sosial media yang dilakukan oleh Tokopedia terhadap e-loyalty sebagai variabel endogen dan online trust sebagai variabel intervening. Sebanyak 500 responden yang merupakan pelanggan Tokopedia. Metode kuantitaif digunakan dengan analisis structural equation modeling (SEM). Software SmartPLS digunakan untuk analisis data.

Hasil penelitian ini yaitu terdapat pegaruh positif dan signifikan variabel online trust terhadap variabel e-loyalty, variabel interactivity  berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel online trust, variabel entertainment berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel online trust, variabel informativeness berpengaruh positif terhadap variabel online trust, variabel perceived relevance berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel online trust, variabel interactivity berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel e-loyalty, variabel entertainment berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel e-loyalty, informativeness berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel e-loyalty, dan variabel perceived relevance berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel e-loyalty.

Pada penelitian ini, maka terdapat saran bagi Tokopedia untuk meningkatkan interactivity pada pemasaran media sosial kepada pelanggan karena hal tersebut dapat memberikan kepercayaan bagi pelanggan dan ketika hal tersebut sudah tertanam pada pelanggan maka akan menumbuhkan loyalitas pelanggan terhadap Tokopedia.    

Kata kunci : pemasaran sosial media, interactivity, entertainment, informativeness, perceived relevance, online trust, e-loyalty

Subjek

MEDIA SOSIAL
SOCIAL MEDIA-COMMUNICATION IN MARKETING,

Katalog

PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP E-LOYALTY PELANGGAN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA DENGAN ONLINE TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GUSTI ALAM HAKIKI
Perorangan
Eva Nurhazizah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • BM64F4 - MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN DAN KETERLIBATAN DALAM JEJARING SOSIAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini