Perkembangan teknologi informasi semakin pesat dan berbagai kegiatan usaha kecil hingga besar memanfaatkan perkembangan tersebut untuk menjalankan usahanya. Pemasaran digital menjadi salah satu media pemasaran yang saat ini banyak diminati masyarakat untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan. Tokopedia merupakan e-commerce yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam memasarkan produknya melalui sosial media mengingat jumlah pengguna sosial media di indonesia yang begitu besar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif terkait dengan pemasaran sosial media yang dilakukan oleh Tokopedia terhadap e-loyalty sebagai variabel endogen dan online trust sebagai variabel intervening. Sebanyak 500 responden yang merupakan pelanggan Tokopedia. Metode kuantitaif digunakan dengan analisis structural equation modeling (SEM). Software SmartPLS digunakan untuk analisis data.
Hasil penelitian ini yaitu terdapat pegaruh positif dan signifikan variabel online trust terhadap variabel e-loyalty, variabel interactivity berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel online trust, variabel entertainment berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel online trust, variabel informativeness berpengaruh positif terhadap variabel online trust, variabel perceived relevance berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel online trust, variabel interactivity berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel e-loyalty, variabel entertainment berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel e-loyalty, informativeness berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel e-loyalty, dan variabel perceived relevance berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel e-loyalty.
Pada penelitian ini, maka terdapat saran bagi Tokopedia untuk meningkatkan interactivity pada pemasaran media sosial kepada pelanggan karena hal tersebut dapat memberikan kepercayaan bagi pelanggan dan ketika hal tersebut sudah tertanam pada pelanggan maka akan menumbuhkan loyalitas pelanggan terhadap Tokopedia.
Kata kunci : pemasaran sosial media, interactivity, entertainment, informativeness, perceived relevance, online trust, e-loyalty