ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DI ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) TRAVELOKA - Dalam bentuk pengganti sidang - Artikel Jurnal

SUWINDY HUTASOIT

Informasi Dasar

24.06.060
658.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

   Memasuki era yang serba digital seperti sekarang ini, sarana informasi dan komunikasi kini telah berkembang begitu pesat seiring dengan kemajuan teknologi. Traveloka menjadi salah satu platform layanan Online Travel Agent yang banyak diminati masyarakat pembubaran OTA lainnya. Peningkatan pengunjung Traveloka juga dipengaruhi oleh promosi elektronik dari mulut ke mulut konsumen sebelumnya. Tanggapan konsumen dapat berupa tanggapan positif maupun negatif, dan hal ini tidak dapat dihindari karena konsumen menilai dari sudut pandang yang berbeda-beda.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis e-WOM positif pada Online Travel Agent Traveloka dan menganalisis e-WOM negatif pada Online Travel Agent Traveloka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan kepada pengguna Traveloka yang berada di Kota Bandung dan pernah melakukan pembelian di online travel agent Traveloka. Sumber informan dalam penelitian ini adalah Masyarakat pengguna OTA Traveloka, dan admin OTA Traveloka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Untuk mengetahui E-WOM di Online Travel Agent (OTA) Traveloka, peneliti telah menyebarkan kuesioner kepada 6 orang responden. Di mana peneliti menggunakan dimensi dan indikator untuk mengukur E-WOM. Pada dimensi intensitas terdapat 3 indikator yang digunakan, diantaranya adalah frekuensi mengakses informasi pengguna Traveloka, frekuensi intertraksi antar pengguna traveloka dan banyaknya ulasan yang ditulis oleh pengguna Traveloka. E-WOM positif memainkan peran penting dalam membangun citra merek yang positif dan meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap Traveloka. E-WOM negatif dapat menurunkan tingkat kepercayaan pengguna terhadap Traveloka. Ulasan memberikan sinyal negatif bahwa ada masalah atau ketidakpuasan terhadap layanan atau produk, yang dapat mempengaruhi persepsi keseluruhan terhadap kredibilitas platform.

 

Kata Kunci: Electronic Word Of Mouth, Online Travel Agent, Keputusan Pembelian

 

ABSTRAK

 

                   Memasuki era digital, sarana informasi dan komunikasi berkembang pesat seiring dengan kemajuan teknologi. Traveloka merupakan salah satu platform layanan Online Travel Agent yang jauh lebih digemari masyarakat dibandingkan OTA lainnya. Meningkatnya pengunjung Traveloka juga dipengaruhi oleh electronic word of mulut konsumen sebelumnya. Respon konsumen dapat bersifat positif atau negatif, hal ini tidak dapat dihindari karena konsumen menilai dari sudut pandang yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis e-WOM positif pada Online Travel Agent Traveloka dan e-WOM negatif pada Online Travel Agent Traveloka. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan pada pengguna Traveloka yang berada di Kota Bandung dan pernah melakukan pembelian di online travel agent Traveloka. Sumber informan dalam penelitian ini adalah komunitas pengguna OTA Traveloka dan admin OTA Traveloka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi . Untuk mengetahui E-WOM pada Online Travel Agent (OTA) Traveloka, peneliti telah menyebarkan kuesioner kepada 6 responden. Peneliti menggunakan dimensi dan indikator untuk mengukur E-WOM. Pada dimensi intensitas digunakan 3 indikator yaitu frekuensi mengakses informasi pengguna Traveloka, frekuensi interaksi antar pengguna Traveloka, dan jumlah review yang ditulis pengguna Traveloka. E-WOM positif sangat penting dalam membangun citra merek yang positif dan meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap Traveloka. E-WOM negatif dapat menurunkan tingkat kepercayaan pengguna terhadap Traveloka. Ulasan negatif menandakan adanya masalah atau ketidakpuasan terhadap layanan atau produk, sehingga memengaruhi persepsi keseluruhan terhadap kredibilitas platform.

 

Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Online Travel Agent, Keputusan Pembelian.

Subjek

Marketing - decision making
 

Katalog

ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DI ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) TRAVELOKA - Dalam bentuk pengganti sidang - Artikel Jurnal
 
 
INDONSEIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SUWINDY HUTASOIT
Perorangan
Siti Zakiah, Riza Taufiq
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Perhotelan
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • VHI3C2 - SALES DAN MARKETING PARIWISATA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini