PENGARUH PROPHETIC LEADERSHIP DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP EMPLOYEE CREATIVITY DI SYAAMIL GROUP - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ASEP SAMSU ROMLI

Informasi Dasar

24.05.042
158.4
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Tekanan-tekanan dalam dunia bisnis yang belum pernah terjadi sebelumnya, kompetisi extraordinary, serangan-serangan disruptif dari para start-up yang penuh semangat menjadi penguasa global, menuntut setiap organisasi bisnis menjadi sangat kreatif untuk tetap bertumbuh. Diyakini, kreativitaslah yang akan membuat sebuah organisasi bisnis mampu mempertahankan pertumbuhannya. Kreativitas inilah, bersama model prophetic leadership dan budaya organisasi, yang sedang diupayakan untuk tumbuh kuat di dalam organisasi Syaamil Group. Namun, dari hasil pengamatan dan wawancara, ketiga hal tersebut masih belum tercapai sesuai dengan harapan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi prophetic leadership, budaya organisasi, dan employee creativity di Syaamil Group; juga untuk mengetahui secara parsial bagaimana pengaruh prophetic leadership dan budaya organisasi terhadap employee creativity di Syaamil Group.

Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuesioner. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah sampel 245 orang. Penentuan jumlah sampel dilakukan melalui non-probability sampling dan teknik snowball sampling. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Sementara itu, uji hipotesis dilakukan menggunakan model persamaan struktural (SEM) SmartPLS.

Temuan penelitian ini menyatakan bahwa prophetic leadership berada pada kategori efektif, budaya organisasi pada kategori kuat, dan employee creativity berada pada kategori kreatif. Selanjutnya, analisis yang dilakukan menyimpulkan bahwa pengaruh dari prophetic leadership terhadap employee creativity senilai -0.093. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengaruh variable prophetic leadership terhadap employee creativity sangat lemah. Sementara itu, budaya organisasi memiliki pengaruh yang kuat dan signifikan terhadap employee creativity Syaamil Group, yakni sebesar 0.951.

Penelitian ini diharapkan berdampak secara teoretis terhadap peneliti selanjutnya dan secara praktis, bahkan menjadi solusi bagi objek penelitian dan dunia bisnis pada umumnya. Kebaruan yang ingin diraih dalam penelitian ini adalah memperkaya khazanah dan pengembangan teori penelitian prophetic leadership serta implementasinya pada dunia bisnis yang masih sedikit, melihat hubungannya dengan budaya organisasi, dan pengaruhnya terhadap employee creativity.

 

Kata Kunci: prophetic leadership, budaya organisasi, employee creativity

Subjek

Leadership - business
ORGANIZATION CULTURE,

Katalog

PENGARUH PROPHETIC LEADERSHIP DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP EMPLOYEE CREATIVITY DI SYAAMIL GROUP - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASEP SAMSU ROMLI
Perorangan
Dian Indiyati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • MMFB13 - MANAJEMEN TALENTA DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini