PERANCANGAN STRATEGI BUSINESS ARCHITECTURE PADA PENGEMBANGAN PRODUK DIGITAL BANKING PADA UNIT DIVISI INFORMATION TECHNOLOGY PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN TBK - Dalam bentuk buku karya ilmiah

WISNU ADI PRATAMA

Informasi Dasar

173 kali
24.05.045
332.106 8
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten adalah Bank BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) milik Pemerintah Provisnis Jawa Barat dan Banten dengan lokasi kantor pusat di Bandung yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1996. Dalam mendukung visi Bank bjb yaitu “Menjadi Bank pilihan utama anda” serta mendukung salah satu misinya yaitu “Meningkatkan inklusi keuangan kepada masyarakat melalui digitalisasi perbankan”, pengembangan produk berbasis digital sangat menjadi kunci utama dalam pengembangan bisnis.  Dalam melakukan pengembangan produk berbasis digital, peran Divisi Information Technology di bank bjb sangat penting karena seluruh proses dari inisiasi, pengembangan, pemeliharaan dan dalam menjaga layanan digital agar terus dapat melayani nasabah merupakan peran dari Divisi Information Technology, selain itu peran Divisi Digital Banking pun menjadi kunci sebagai product owner untuk melakukan inovasi dan pengembangan disisi produk digital banking bank bjb.

Untuk meningkatkan percepatan disisi pengembangan produk digital banking, bank bjb perlu menyesuaikan strategi bisnis dengan tren Teknologi saat ini, khususnya di Divisi Information Technology. Enterprise Architecture merupakan metode yang dapat digunakan untuk menyelaraskan antara strategi bisnis agar dapat selaras dengan teknologi informasi. Dalam melakukan perancangan EA dibutuhkan sebuah framework arsitektur untuk mengembangkan lingkup pembahasan secara luas khususya disisi bisnis. Framework yang digunakan merupakan TOGAF ADM yang terdiri dari 9 fase, namun fase yang dilakukan untuk merancang Enterprise Architecture pada penelitian ini hanya terfokus disisi business architecture untuk menyusun strategi disisi bisnis untuk Divisi Information Technology baik disisi organisasi, job description, pemetaan fungsi dan proses bisnis dalam pengembangan produk digital banking bank bjb.

Dari penelitian ini akan dihasilkan output berupa blueprint dari rancangan business architecture Divisi Information Technology dalam pengembangan produk digital banking. Dengan disusunnya strategi disisi business architecture untuk Divisi Information Technology, diharapkan dapat mempermudah pencapaian tujuan strategis serta visi dan misi dari bank bjb dalam hal memberikan layanan digital kepada seluruh nasabah melalui produk digital bank bjb yang dapat mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi perbankan dimanapun kapanpun.

Subjek

BUSINESS STRATEGY
PERBANKAN,

Katalog

PERANCANGAN STRATEGI BUSINESS ARCHITECTURE PADA PENGEMBANGAN PRODUK DIGITAL BANKING PADA UNIT DIVISI INFORMATION TECHNOLOGY PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN TBK - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WISNU ADI PRATAMA
Perorangan
Dodie Tricahyono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EMI2F3 - DESIGN THINKING FOR BUSINESS
  • MMDB13 - MANAJEMEN DAN ORGANISASI DIGITAL
  • MM200514 - MANAJEMEN STRATEGI
  • MMFB53 - MANAJEMEN STRATEGI DAN EKOSISTEM BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini