Pengaruh Sosial Media Marketing Activities Melalui Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty dan Emotional Attachment pada Traveloka - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMAD ADRIAN DAFFA NADINO RINALDI

Informasi Dasar

24.05.052
658.8
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Pertumbuhan teknologi yang pesat terutama perkembangan internet di Indonesia yang memberikan banyak kemudahan untuk melakukan interaksi. Melihat perkembangan internet yang begitu pesat dibuktikan dengan meningkatnya penggunaan internet dan media sosial di Indonesia. Kesempatan pertumbuhan teknologi yang pesat ini di manfaatkan oleh para marketer untuk memasarkan produk dan layanan melalui media sosial dan internet dengan tujuan untuk menciptakan keterlibatan konsumen yang lebih tinggi. Setelah pandemi Covid-19 berlalu industri pariwisata Indonesia perlahan mulai meningkat. Traveloka sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang industri pariwisata sebagai penyedia jasa dan produk untuk menunjang wisatawan dalam melakukan liburan atau pun bepergian dari satu tempat ke tempat lain.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari social media marketing activities terhadap brand loyalty dan emotional attachment dan brand equity yang di dalamnya terdapat brand awareness dan brand equity yang memediasi hubungan antara kedua variabel. Traveloka sebagai objek penelitian ini merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang industri pariwisata. Dari penelitian ini akan dilihat hubungan antara social media marketing activities terhadap brand loyalty.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang menggunakan skala likert. Jumlah sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 250 responden. Kriteria yang digunakan untuk responden meliputi followers dari Instagram Traveloka dan sudah melakukan transaksi minimal 2x. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan diolah menggunakan software Smart PLS-SEM.

Didapatkan hasil dari jumlah responden sebanyak 250 orang. Hasil dari olah data yang telah dilakukan menghasilkan hasil yang positif dan berpengaruh terhadap Brand Loyalty dan Emotional Attachment, hanya variabel Entertainment  yang tidak berpengaruh terhadap Brand Awareness, Customization tidak berpengaruh terhadap Brand Awareness, Electronic World of Mouth yang tidak berpengaruh terhadap Brand Image.

Penelitian ini menggunakan Metode Pengolahan Data PLS-SEM untuk melihat pengaruh dari antar variabel yang terikat. Penelitian ini juga menggunakan variabel mediasi untuk melihat pengaruh dari sosial media marketing activities terhadap brand loyalty dan emotional attachment dengan variabel media yaitu brand image dan brand awareness. Untuk saran dari penulis keapda penelitian selanjutnya  dapat menggunakan variabel social media marketing activities yang berbeda dengan penelitian ini agar terdapat perbedaan dengan penelitian ini dan memberikan gambaran hasil  yang baru untuk jenis penelitian seperti ini.

Kata Kunci: Social Media Marketing Activities, Brand Equity, SEM PLS, E-Tourism

Subjek

SERVICE QUALITY-SERVICE MARKETING
SOCIAL MEDIA MARKETING,

Katalog

Pengaruh Sosial Media Marketing Activities Melalui Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty dan Emotional Attachment pada Traveloka - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ADRIAN DAFFA NADINO RINALDI
Perorangan
Heppy Millanyani, Nurvita Trianasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • MM200214 - MANAJEMEN PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini