Perkembangan media sosial masa kini sangat cepat terjadi. Mulai dari alat untuk berkomunikasi sekarang menjadi alat untuk pemasaran. Hal ini menuntut pelaku usaha untuk menggunakan strategi perusahaan yang tepat untuk meningkatkan daya saing perusahaan, termasuk dalam menggunakan strategi pemasaran pada media sosial yang tepat. Instagram, Facebook, dan Tiktok merupakan media sosial yang banyak digunakan perusahaan untuk menyampaikan pesan pemasaran maupun untuk beriklan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan tanggapan dari konsumen dan expert mengenai aktifitas media sosial Instagram, Facebook, dan Tiktok yang dilakukan oleh Savana Indonesia. Pemahaman mengenai konten yang diinginkan konsumen dapat membantu Savana Indonesia untuk mengetahui konten media sosial yang menarik, bahkan dapat mendorong pembelian konsumen. Sedangkan media sosial expert dapat memberikan perspektif dari multidisiplin ilmu maupun keahlian professional sebagai pendekatan untuk mengetahui pemasaran media sosial yang sebaiknya dilakukan Savana Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif terhadap data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan dua orang ahli dalam bidang pemasaran digital serta 11 orang konsumen dari produk Savana Indonesia dengan tujuan agar peneliti bisa mendapatkan pemahaman mendalam mengenai preferensi, perilaku, dan pandangan pelanggan. Analisis data kualitatif akan membantu mengidentifikasi tren, pola, dan temuan yang mendasar, yang kemudian akan menjadi dasar penyusunan rekomendasi taktik komunikasi dalam ranah pemasaran digital. Dengan pemahaman yang lebih mendalam terhadap komunikasi pemasaran pada media sosial, perusahaan dapat mengembangkan taktik komunikasi pemasaran digital yang lebih terarah dan relevan. Sehingga, data kualitatif menjadi kunci dalam merancang taktik pemasaran digital yang optimal dan efektif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan tanggapan dari audiens dan expert terkait media sosial Savana Indonesia. meskipun konten pemasaran Savana Indonesia memiliki kelebihan dengan konten yang telah diperbarui secara teratur, memberikan informasi produk yang jelas, dan visual konten yang menarik. Masih banyak ruang untuk peningkatan dalam mengoptimalisasikan penggunaan media sosial untuk pemasaran Savana Indonesia.
Penelitian ini menemukan beberapa hal yang perlu dilakukan pada media sosial Savana Indonesia agar penggunaan media sosial Instagram, Facebook, dan Tiktok dapat lebih efektif. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah penentuan KPI (Key Performance Indicators) media sosial, pembuatan konten media sosial berdasarkan konten pilar serta key visual yang telah ditentukan agar tetap mencerminkan identitas merk Savana Indonesia, menambah variasi konten, meningkatkan kuantitas konten video, membuat konten interaktif, serta mengoptimalkan iklan berbayar pada media sosial Instagram, Facebook, dan Tiktok
Kata Kunci : Pemasaran Digital, Komunikasi Pemasaran, Media Sosial