Universitas perlu menunjukkan kualitas mereka dan memperhatikan kondisi masyarakat untuk mendapatkan citra dan reputasi yang positif. Mereka harus memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan program akademik. Tuntutan pada universitas melibatkan jaminan kualitas, kontrol kualitas, dan peningkatan kualitas berkelanjutan. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi tema utama dan celah pengetahuan terkait citra dan reputasi universitas guna merangkum apa yang sudah diketahui dan mengarahkan upaya penelitian masa depan ke isu-isu yang dapat membantu manajer universitas dalam mengelola persepsi institusi pendidikan tinggi (HEIs). Untuk mencapai tujuan tersebut, kami melakukan tinjauan naratif, tetapi juga menggunakan beberapa teknik sistematis yang menghasilkan temuan yang lebih kokoh dan transparan bagi akademisi dan praktisi untuk dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan mereka. Studi ini mengidentifikasi artikel paling banyak dikutip, penulis berpengaruh, institusi, negara, area penelitian kunci, dan kelompok penelitian. Sebanyak 362 citra dan reputasi universitas diekstraksi dari database Scopus dan dianalisis lebih lanjut menggunakan metode analisis bibliometrik. Analisis publikasi ini menunjukkan bahwa Amerika Serikat adalah negara paling berpengaruh dengan jumlah kutipan tertinggi. Platform paling berpengaruh untuk penyebaran informasi adalah Corporate Reputation Review dengan 37 publikasi. Secara umum, Middlesex University, Hendon, London, tampaknya menjadi institusi paling produktif dalam melakukan penelitian tentang Citra dan Reputasi Universitas. Dalam hal pengaruh penulis, Melawar, T.C. menduduki peringkat teratas dengan 346 kutipan, diikuti oleh Foroudi, P. dengan 211 kutipan. Untuk mengilustrasikan domain penelitian utama, kontributor utama mencakup bidang Ilmu Sosial; Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi; Seni dan Humaniora; Ekonomi, Ekonometrika, dan Keuangan; dan Ilmu Komputer.