Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan aplikasi YES dengan menggunakan TRAM (Optimism, Innovativeness, DiDiscomfort, Insecurity) pada PT. Indosat Ooredoo Hutchison Tbk Wilayah Sumatera. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini karyawan PT Indosat yang berdomisili pada Sumatera dengan jumlah sampel sebanyak 95 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan structural equation modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Optimism tidak berpengaruh terhadap Use Intention pada aplikasi Mobile YES. Optimism tidak berpengaruh terhadap Use Intention melalui kemudahan penggunaan pada aplikasi Mobile YES. Innovativeness tidak berpengaruh terhadap Use Intention pada aplikasi Mobile YES. Innovativeness tidak berpengaruh terhadap Use Intention melalui kemudahan penggunaan pada aplikasi Mobile YES. DisDiscomfort berpengaruh terhadap Use Intention pada aplikasi Mobile YES. DisDiscomfort berpengaruh terhadap Use Intention melalui kemudahan penggunaan pada aplikasi Mobile Insecurity berpengaruh terhadap Use Intention pada aplikasi Mobile YES. Insecurity tidak berpengaruh terhadap Use Intention melalui kemudahan penggunaan pada aplikasi Mobile YES, Optimism tidak berpengaruh terhadap kemudahan penggunaan pada aplikasi Mobile YES. Innovativeness tidak berpengaruh terhadap kemudahan penggunaan pada aplikasi Mobile YES. DisDiscomfort berpengaruh terhadap kemudahan penggunaan pada aplikasi Mobile YES. Insecurity berpengaruh terhadap kemudahan penggunaan pada aplikasi Mobile YES. Kemudahan Penggunaan berpengaruh terhadap Use Intention pada aplikasi Mobile YES dan Penggunakan Model TRAM pada aplikasi YES dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi karyawan.
Kata Kunci: TRAM, Optimism, Innovativeness, Comfrot, Insecurity, Use Intention, Kemudahan Penggunaa