Dalam era transformasi digital, pendidikan menghadapi tantangan untuk
memanfaatkan teknologi dalam proses belajar-mengajar. Transformasi digital dapat
berpengaruh pada keterkaitan antara budaya organisasi dengan kemampuan
kompetensi digital pegawai di suatu institusi atau bisnis. Penelitian ini mengkaji
bagaimana pemanfaatan teknologi dan budaya organisasi berpengaruh terhadap
kinerja karyawan dalam lembaga pendidikan bahasa Inggris di Kota Malang.
Studi ini bertujuan untuk mempelajari seberapa besar pengaruh budaya
organisasi dan kompetensi digital terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh
transformasi digital dalam lembaga pendidikan bahasa Inggris di Kota Malang.
Lembaga kursus bahasa Inggris yang menjadi subjek penelitian adalah English
First (EF), Intensive English Course (IEC), Mayantara School, dan Malang
International School (MIS).
Penelitian ini menggunakan studi kausal dengan pendekatan kuantitatif dan
strategi penelitian survei. Populasi penelitian terdiri dari karyawan lembaga
pendidikan bahasa Inggris English First (EF), Intensive English Course (IEC),
Mayantara School dan Malang International School (MIS). Teknik pengambilan
sampel menggunakan metode total sampling. Sampel penelitian berjumlah 113
responden. Teknik pengumpulan data menggunakan survei dengan alat angket
tertutup. Analisis data dilakukan dengan garis kontinum dan analisis SEM-PLS
serta pengujian hipotesis menggunakan analisis full model Structural Equation
Modeling (SEM) dengan smartPLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi berada dalam
kategori sangat kuat, kompetensi digital berada dalam kategori sangat baik,
transformasi digital berada dalam kategori baik serta kinerja karyawan berada
dalam kategori tinggi. Budaya organisasi, kompetensi digital dan transformasi
digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Budaya
organisasi dan kompetensi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap
transformasi digital. Transformasi digital dapat memediasi budaya organisasi dan
kompetensi digital terhadap kinerja karyawan.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat membawa manfaat berupa wawasan
lebih lanjut yang akan membantu suatu perusahaan dalam meningkatkan kinerja
karyawannya terkait dengan budaya organisasi, keterampilan kompetensi digital,
serta transformasi digital. Bagi siswa, dapat menumbuhkan minat belajar mandiri
dan mendorong siswa agar lebih termotivasi dalam belajar bahasa Inggris.