PENGARUH LIVE STREAMING DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK GIWIGEWI DI SHOPEE - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NABILAH SYAHARANI DEWASANDRA

Informasi Dasar

997 kali
24.04.472
658.8342
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) saat ini menjadi salah satu pilar penting dalam mendukung perekonomian Indonesia. Salah satu sektor UMKM yang tengah berkembang pesat dan memiliki potensi ekonomi tinggi adalah industri pangan. Industri pangan menjadi salah satu sektor industri yang mengalami pertumbuhan signifikan di Indonesia, terutama di Kota Bengkulu, di mana beberapa UMKM di bidang makanan dan minuman berhasil menjadi unggulan pada tahun 2021. Giwigewi, sebagai merek UMKM yang diakui, meraih predikat sebagai UMKM unggulan di Provinsi Bengkulu. Namun, dari Juni hingga Desember 2023, Giwigewi mengalami fluktuasi penjualan. Oleh karena itu, diperlukan analisis terhadap faktor-faktor yang berpotensi memengaruhi fluktuasi tersebut, seperti live streaming dan diskon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh live streaming dan diskon terhadap keputusan pembelian produk Giwigewi di Shopee. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang pernah membeli produk Giwigewi melalui live streaming di Shopee yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Pengumpulan data dilakukan selama kurang lebih dua bulan dengan metode non-probabilitas dengan teknik purposive sampling dan terkumpul sebanyak 100 responden yang berpartisipasi dalam pengisian kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara live streaming terhadap keputusan pembelian produk Giwigewi dengan thitung sebesar 5,022 dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pula antara diskon terhadap keputusan pembelian produk Giwigewi dengan thitung sebesar 4,496. Kemudian live streaming dan diskon secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Giwigewi dengan fhitung sebesar 83,998. Selanjutnya kontribusi pengaruh dari variabel independen live streaming dan diskon terhadap variabel dependen keputusan pembelian sebesar 63,4% sedangkan sisanya sebesar 36,6% merupakan kontribusi pengaruh dari variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Live Streaming, Diskon, Keputusan Pembelian

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
Marketing on line, CUSTOMER SATISFACTION,

Katalog

PENGARUH LIVE STREAMING DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK GIWIGEWI DI SHOPEE - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NABILAH SYAHARANI DEWASANDRA
Perorangan
Sherly Artadita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • KBI2L3 - PERILAKU KONSUMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini