Batik merupakan hal yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia saat ini. Batik
merupakan salah satu warisan nusantara yang unik. Keunikannya ditunjukkan
dengan barbagai macam motif dan model yang memiliki makna tersendiri. Hal ini
karena batik menawarkan keunikan dan kepuasan tersendiri bagi para penggunanya,
batik merupakan ciri khas Bangsa Indonesia dan juga sering digunakan untuk
kegiatan maupun acara resmi di kantor maupun acara-acara lain. Cirebonpun
memiliki batik khas sendiri dengan batik megamendung. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh motif, model, bahan, jenis, merek, ukuran, dan kualitas
produk terhadap keputusan pembelian konsumen di Batik Ivanda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis
penelitian deskriptif dan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen
yang membeli batik di Batik Ivanda Cirebon. Pengambilan sampel menggunakan
teknik sampling purposive dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik
analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi
klasik dan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menyatakan bahwa motif, model, bahan,
jenis, merek, ukuran, dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan
pembelian batik di Batik Ivanda Cirebon. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan
bahwa variabel motif, model, bahan, jenis, merek, ukuran, dan kualitas produk
berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 99,5% sedangkan sisanya
sebesar 0,5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.
Dapat disimpulkan bahwa motif, model, bahan, jenis, merek, ukuran, dan
kualitas produk secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian batik di Batik Ivanda Cirebon. Maka sebaiknya, untuk peneliti
selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan variabel lain yang belum
diteliti pada penelitian ini, seperti citra merek, promosi, kualitas pelayanan, green
marketing, minat beli dan kepuasaan pelanggan.