STRATEGI HUMAS PEMERINTAHAN DALAM PENYEBARAN KONTEN KAMUS DIREKTORAT JENDERAL PERIMBANGAN KEUANGAN (DJPK) MELALUI INSTAGRAM @ditjenpk - Dalam bentuk buku karya ilmiah

SEPTIA ADITIA PANDUSIWI

Informasi Dasar

187 kali
24.04.549
659.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Strategi komunikasi pemerintah memiliki peran sentral dalam perencanaan serta distribusi pesan kepada publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan penyebaran informasi konten kamus Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) melalui media sosial Instagram @ditjenpk. Konten kamus DJPK berisi tentang informasi yang didesain melalui visualisasi dan narasi agar pesan yang disampaikan mudah dipahami publik. Sebagai lembaga pemerintahan, DJPK mengoptimalkan perencanaan pembuatan konten agar komunikasi yang diselenggarakan berdampak pada persepsi positif lembaga dalam menyebarkan informasi. Keterlibatan masyarakat dalam setiap penyebaran konten DJPK mampu memengaruhi persepsi terhadap lembaga. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi Regina Luttrell (2019) yang dikenal dengan istilah SoMe, yakni (1) share dengan membagikan konten informasi; (2) optimize mengoptimalkan pesan konten; (3) manage pengelolaan produksi konten; dan (4) engage melibatkan publik. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan persepsi positif cukup signifikan yang diraih oleh DJPK melalui optimalisasi pembuatan dan penyebaran konten kamus DJPK, serta respons aktif dari pengelola media sosial terhadap tanggapan publik.

Kata Kunci: Humas Pemerintahan, Instagram, Kamus DJPK, Strategi.

Subjek

PUBLIC RELATIONS
SOCIAL MEDIA-MASS MEDIA,

Katalog

STRATEGI HUMAS PEMERINTAHAN DALAM PENYEBARAN KONTEN KAMUS DIREKTORAT JENDERAL PERIMBANGAN KEUANGAN (DJPK) MELALUI INSTAGRAM @ditjenpk - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SEPTIA ADITIA PANDUSIWI
Perorangan
Slamet Parsono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Digital Public Relations
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • KHI3F3 - HUBUNGAN MASYARAKAT PEMERINTAHAN
  • KHI3N3 - KONTEN KREATIF HUMAS
  • PRH3A3 - METODE PENELITIAN KOMUNIKASI KUALITATIF
  • KHI4J4 - SKRIPSI
  • KHI2K3 - STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini