Digitalisasi sudah semakin berkembang dan salah satunya adalah kemunculan media sosial Instagram. Media sosial Instagram digunakan oleh pelaku usaha mikro untuk memenuhi kebutuhannya (uses and gratification) yaitu dalam mencari edukasi bisnis usaha mikro. Salah satu akun yang menyebarkan edukasi bisnis usaha mikro adalah @sahabatumkm. Tujuan dari peneltian ini untuk mengukur seberapa besar pengaruh pemanfaatan media sosial Instagram @sahabatumkm: studi uses and gratification sebagai upaya edukasi pelaku usaha mikro. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis korelasi pearson product moment, uji-t, uji regresi linear sederhana, dan uji koefisien determinasi. Data dikumpulkan oleh peneliti secara online menggunakan kuesioner dan dibagikan kepada 399 responden followers Instagram @sahabatumkm. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah Nonprobability Sampling jenis Sampling Purposive. Hasil penelitian menunjukkan besaran pengaruh pada variabel pemanfaatan media sosial Instagram @sahabatumkm terhadap variabel upaya edukasi pelaku usaha mikro sebesar 22,2% sedangkan 72,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.