FILM ETNOGRAFI SEBAGAI PROSES CITY BRANDING DI DAERAH KECAMATAN ANDIR - Dalam bentuk pengganti sidang - Rancangan Karya Akhir

LUQMAN RUSDAN WIWAHA

Informasi Dasar

121 kali
24.05.092
791.437
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Penelitian ini mengeksplorasi keberagaman budaya di Indonesia, terutama di Kecamatan Andir, Kota Bandung, yang dihuni oleh populasi etnis Tionghoa. Fokus studi kasus adalah pecinan di Kecamatan Andir, di mana upaya city branding sebelumnya belum sepenuhnya mencerminkan identitas sejati daerah tersebut. Program mitigasi iklim dan revitalisasi ruas jalan, terutama Jalan Kelenteng dan Jalan Vihara, memberikan peluang untuk merancang identitas visual melalui film etnografi. Film etnografi dipilih sebagai medium city branding karena mampu menyampaikan nuansa lokal, menonjolkan toleransi, kekayaan budaya, dan konteks sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Participatory Learning and Action (PLA) dan Affinity Mapping. Melalui PLA, penelitian ini mencoba memahami konteks lokal Kecamatan Andir melibatkan observasi dan wawancara. Affinity Mapping digunakan untuk mengorganisir isu-isu yang muncul selama PLA dan membimbing pembuatan film etnografi. Hasilnya menciptakan film yang mencerminkan isu-isu lokal dan memastikan representasi yang autentik. Perancangan film etnografi sebagai alat pembentukan identitas visual di Kecamatan Andir melibatkan pengumpulan data melalui PLA yang melibatkan komunitas lokal, dengan isu-isu lokal diorganisir melalui Affinity Mapping, membimbing produksi film etnografi. Pilihan film etnografi memungkinkan audiens untuk menginterpretasikan identitas Andir dan praktik toleransi tanpa pengaruh nilai yang terlalu besar.

Subjek

CITY BRANDING
BRANDING,

Katalog

FILM ETNOGRAFI SEBAGAI PROSES CITY BRANDING DI DAERAH KECAMATAN ANDIR - Dalam bentuk pengganti sidang - Rancangan Karya Akhir
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUQMAN RUSDAN WIWAHA
Perorangan
Andreas Rio Adriyanto, Ira Wirasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Desain
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • DMI1G3 - DESAIN DAN BRANDING
  • DMI1B3 - DESAIN DAN BUDAYA
  • DMI2D6 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini