Berdasarkan Kementerian Dalam Negeri, dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 273 juta jiwa, Indonesia memiliki sekitar 167 juta pelanggan aktif di platform media sosial, termasuk YouTube, Facebook, Instagram, dan X. Penggunaan hiburan online sangat besar, terutama di X, dan telah dikaitkan dengan implikasi kesehatan mental, seperti depresi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan studi komprehensif tentang kerangka kerja deep learning IndoBertweet untuk menyelidiki prevalensi depresi di media sosial, dengan fokus pada X. Dengan menggunakan DASS-42, penelitian ini memperkirakan tingkat depresi berdasarkan interaksi dan reaksi pengguna terhadap tweet. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode IndoBERTweet mencapai tingkat akurasi sebesar 82% dalam mendeteksi depresi dengan menggunakan data X. Penelitian ini menyoroti pentingnya strategi intervensi untuk mendukung kesehatan mental pengguna media sosial, dengan menekankan pentingnya langkah-langkah proaktif dalam mengatasi masalah kesejahteraan mental di ruang digital.
Kata kunci : IndoBERTweet, DASS-42, Depresi, Media Sosial, X.