Umumnya merchandise dikeluarkan oleh perusahaan seperti bank, operator seluler, maskapai penerbangan, dll. Namun, dewasa ini komunitas juga memiliki merchandise masing-masing untuk dapat mengekspresikan ketertarikan mereka. Salah satu komunitas tersebut adalah sebuah komunitas bernama Ministry, sebuah komunitas online game Tower of Fantasy. Beberapa kegiatan mereka adalah bermain bersama dan mendatangi konvensi. Anggota Ministry datang ke konvensi untuk mengikuti serangkaian acara yang ada atau untuk mencari merchandise Tower of Fantasy Berdasarkan hasil wawancara dengan Konstanze (2022), diketahui bahwa produk yang dikembangkan sebagai merchandise diantaranya; mouse pad, poster, tumbler dan kaus dengan print logo atau karakter Tower of Fantasy. Diantara produk tersebut, komunitas belum menggarap pada jenis produk fashion. Dari fenomena di atas, adanya peluang pengembangan merchandise berupa produk fashion dengan visualisasi yang terinspirasi dari online game Tower of Fantasy untuk komunitas tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta analisis melalui studi literatur, data jurnal, buku dan melakukan observasi online, juga melakukan eksplorasi. Penulisan ini bertujuan untuk mengembangkan merchandise dengan visualisasi yang terinspirasi dari online game sebagai alternatif produk fashion dan peluang bisnis untuk komunitas Tower of Fantasy. Setelah penelitian ini selesai, terdapat satu koleksi merchandise berupa produk fashion yang terinspirasi online game Tower of Fantasy.
Kata kunci: Merchandise, Online Game, Tower of Fantasy