Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih
mendalam mengenai proses kreatif dalam menciptakan karya seni 3D digital oleh
seniman kontemporer. Melalui studi kasus yang dilakukan pada tiga seniman
kontemporer asal Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Barat. penelitian ini bertujuan
untuk menggali bagaimana teknologi digital digunakan dalam proses kreatif dan
dampaknya terhadap pengembangan proses kreatif seniman 3D. Dalam tiga studi
kasus yang dilakukan terhadap seniman-seniman ini, penulis akan mengidentifikasi
setiap Proses Kreatif Seniman dan mengelompokan menurut pemahaman Graham
Wallas. Memastikan kesesuaian proses kreatif yang dijalanin oleh seniman dengan
pemahaman Graham Wallas beserta mencari tahu pengaruh teknologi terdapat
proses kreatif di era digital sekarang.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data
menggunakan pendekatan studi kasus dalam pendekatan melalui Wawancara dan
observasi Bersama dengan tiga seniman kelahiran 2002 asal Indonesia sekitaran di
pulau Jawa dengan pengalaman setidaknya2 tahun berkarir sebagai seniman.