Dalam beberapa tahun terakhir, smartwatch telah menjadi populer di pasar teknologi seluler. Namun, dengan berbagai model dan merek smartwatch yang tersedia, calon pembeli sering membutuhkan bantuan untuk memilih produk yang tepat karena spesifikasi yang memerlukan pemahaman teknis dan pendapat ahli. Oleh karena itu, diperlukan sistem rekomendasi untuk membantu calon pembeli dalam memilih produk yang tepat. Beberapa penelitian telah dilakukan tentang sistem rekomendasi percakapan. Namun, sistem rekomendasi yang digunakan hanya memberikan rekomendasi berdasarkan spesifikasi teknis saja, sehingga rekomendasi yang diberikan kurang personal. Oleh karena itu, kami mengembangkan sistem rekomendasi percakapan untuk smartwatch menggunakan ontologi yang mempertimbangkan kebutuhan fungsional pengguna untuk menghasilkan rekomendasi yang disesuaikan. Dalam penelitian ini, kami telah berhasil membangun dan mengevaluasi sistem ini menggunakan metrik akurasi rekomendasi dan kepuasan pengguna. Hasil evaluasi menunjukkan akurasi 86,67% dan umpan balik pengguna yang positif. Ini menunjukkan bahwa sistem kami akurat, mudah digunakan, dan diterima dengan baik.